Kamis, Desember 31, 2009

Belajar Teguh untuk Jujur




Sabtu pagi, 21 Desember lalu, Fitri ikut Lomba mewarnai Tingkat Taman Kanak-kanak se-kecamatan Sukolilo, Surabaya Timur. Pada pelaksanaan lomba, lokasi tempat lomba yang sangat luas membuat pengawasan juri terhadap peserta menjadi tidak ketat. Apalagi jumlah peserta juga banyak, mungkin mencapai lebih dari 1000 anak. Kondisi ini memungkinkan terjadi kecurangan dan ketidak jujuran. Banyak Ibu-ibu yang membantu anaknya untuk menyelesaikan mewarnai lembaran kertas warna. Bahkan ada yang jelas-jelas di kerjakan oleh Ibu-ibunya...Jadi jelas bedalah hasilnya jadi bagus banget karena bukan karya anaknya tapi karya ibunya. Walau di tengah kondisi itu, Fitri tidak terganggu dengan keadaan sekelilingnya. Fitri tetap mewarnai sendiri tanpa dibantu mama sama sekali. Alhamdulillah...ketika pulang ke rumah mama jelaskan ke MayFiLa kondisi tersebut dan katakan dengan bangga ke Fitri bahwa Mama bangga punya anak seperti Fitri yang menjunjung tinggi nilai kejujuran. Bagi mama gelar juara tidaklah penting. Yang terpenting hari itu Mama dan Fitri belajar banyak untuk tetap Teguh (istiqomah) berlaku jujur. Semoga selamanya kami bisa selalu Istiqomah berlaku jujur dalam segala segi kehidupan....Aamiiin...

Sang Pemimpi



MayFiLa sangat cinta produk Indonesia. Salah satunya mereka juga menyukai Film karya anak bangsa yang "berbobot dan memuat pesan moral yang baik". Alhamdulillah, Minggu tanggal 20 Desember lalu, MayFiLa berkesempatan menonton Film "Sang Pemimpi" di Galaxy mall Surabaya. Lumayan ada penyegaran, walau menurut MayFiLa tidak sebagus Film sebelumnya yaitu "Laskar Pelangi". Semoga ada hikmah yang bisa MayFiLa ambil dan terekam hingga besar yaitu pentingnya memiliki semangat untuk menuntut Ilmu walau harus sampai ke Luar negeri....Wah jadi ingat Papa Dedy deh...

Fitri ke RRI Surabaya




Rabu pagi, tanggal 16 Desember lalu, Fitri dan beberapa temannya mengisi acara anak di RRI Surabaya. Ini kali pertama Fitri tampil di RRI Surabaya. Fitri dengan semangat menyanyikan 3 lagu dengan judul "Allah", "Burung"dan "Pantai". Sungguh pengalaman pertama yang menggembirakan. Fitri menyanyi dengan Percaya Diri (PD). Alhamdulillah....Semoga lain kali ada kesempatan nyanyi di radio lagi...

Rabu, Desember 09, 2009

Fitri Sudah 5 Tahun




Alhamdulillah kini Fitri sudah berusia 5 tahun. Tepat tanggal 26 November yang lalu, sehari menjelang hari Idul Adha. Tidak ada pesta tapi terlihat wajah Fitri begitu bahagia. Kenapa? karena sesuai dengan keinginannya, Fitri ingin di hari ulang tahunnya berada di Pontianak, kota kelahirannya dan bertemu dengan nenek Ani yang di sayanginya. Selain itu Fitri juga sangat senang karena dapat hadiah spesial yang dikirim Papa Dedy dari Belanda untuknya. Selamat Ulang tahun sayang. Semoga jadi anak sholihah yang selalu hidup bahagia dunia hingga akhirat...Aamiiin....

Kamis, November 19, 2009

Fitri dapat Piala




Bulan lalu Fitri ikut Lomba mewarnai tingkat anak usia 4 - 5 tahun ( TK A ). Lomba ini cukup menarik, diadakan oleh Biolysin sebagai sponsor utama karena bertajuk Lomba mewarnai Ibu dan Anak. Lama waktu lomba 75 menit. Babak pertama, waktu 60 menit diberikan kesempatan kepada anak untuk mewarnai sesuka hatinya, sedangkan orang tua menunggu di luar arena lomba. Babak berikutnya, sisa waktu 15 menit diberikan kesempatan kepada orang tua untuk melengkapi ( finishing) terhadap hasil karya anak sebelumnya.
Alhamdulillah Fitri mewarnai cukup rapi dan penuh dengan variasi warna-warni nan ceria ( khas anak banget). Jadi sisa waktu 15 menit, hanya mama manfaatkan melengkapi dan merapikan beberapa goresan warna yang belum rata.
Saat pengumuman, Fitri kaget karena namanya di sebut sebagai juara. Alhamdulillah akhirnya dengan senyum manis, Fitri mendekap piala yang didapatnya.

Gambar Ruang Angkasa




Beberapa hari lalu, Mayra dapat tugas menggambar Ruang angkasa. Waktu yang diberikan Ibu Guru tidak lebih dari 30 menit. Gambarnya bebas sesuai imaginasi anak. Pulang sekolah, mama takjub sekali dengan hasil karya Mayra. Sungguh begitu lengkap dan cukup detil untuk ukuran anak seusianya. Ada Matahari, Bintang, bulan, meteor, Bumi, satelit, roket dan pesawat. Belum sempat mama kasi penghargaan jempol, Mayra sudah memberi komentar dan penjelasan atas gambar yang dibuatnya. Kata Mayra , " Ma, tadinya aku mau gambar nanosatelit kayak punya Papa...cuma aku ingat kata Papa nanosatelit ukurannya jauh lebih kecil dari satelit biasa...Jadi aku bingung mau gambarnya, sedangkan ukuran satelitnya aza hanya sebesar ini... ".
Wah tambah kagum deh mama mendengar ulasan Mayra. Ternyata selama ini Mayra juga lumayan paham dengan nanosatelit. Walaupun hanya sebatas ukurannya yang keciiiil....

Selasa, November 10, 2009

Karya Untuk Pahlawan




Dalam rangka hari Pahlawan, 10 November, MayFiLa juga melakukan kegiatan dengan tema Terima Kasih Pahlawan. Tahun ini, karena MayFila sudah lumayan bertambah gede jadi sudah cukup mengerti arti kata Pahlawan, yang secara sederhana MayFiLa simpulkan bahwa Pahlawan adalah orang yang banyak jasanya. Spontan mama tanya ke mereka..." Ayo siapa pahlawan yang paling di sayangi??? " Nggak nyangka juga klo akhirnya MayFiLa menjawab " Papa Dedy".

Akhirnya dengan hasil kerjasama yang baik, terwujudlah Karya bersama kami. Iya, kami, karena MayFiLa juga meminta mama ikut memberikan beberapa warna sebagai finising untuk karya kami ini. Alhamdulillah, selesai deh Karya untuk Pahlawan kami tercinta : Papa Dedy. Selama ini sudah berjuang, berjihad di negeri nan jauh dan berkorban untuk kami. Semoga Allah selalu melindungi, memudahkan dan dan melancarkan segala urusan Papa Dedy. Aamiiin...

Sabtu, Oktober 31, 2009

Ini Tulisan Mayra

Apa Gunanya Merokok?

Aku penasaran dengan rokok. Sering aku melihat orang merokok. Dari mulut dan hidung orang itu akan keluar asap yang baunya tidak enak.

Pernah aku bertanya pada mama, apa sebenarnya guna rokok. mama bilang rokok itu

tidak memberikan keuntungan untuk manusia. Justru sebaliknya, rokok bisa merugikan dan membahayakan kesehatan manusia. Rokok bisa menimbulkan penyakit bagi orang

yang mengisap maupun orang lain yang ada di sekitarnya.

Aku pernah membaca iklan rokok di Koran, ada tulisan kecil yang mengingatkan bahwa

rokok berbahaya dan dapat menimbulkan bermacam-macam penyakit. Aku jadi heran, kalau rokok berbahaya, mengapa masih banyak orang merokok? Apakah mungkin mereka tidak percaya dengan bahaya rokok?

Sebenarnya aku ingin bertanya langsung kepada orang yang merokok, tetapi takut mereka marah dan tidak mau menjawab pertanyaanku.

Aku senang di rumah tidak ada asap rokok. Eyang dan Papa tidak merokok, jadi aku

terhindar dari asap rokok yang berbahaya.


Penulis :


Humayra Qurrata Aini

( 6 tahun)

Komunitas Asah Pena, Sidoarjo

Tulisan Mayra di Koran



Alhamdulillah setelah sekian lama menanti dan menanti, akhirnya Minggu tanggal 4 Oktober lalu tulisan cerita pendek karya Mayra terbit juga. Mayra mengirim tulisan ini sekitar bulan Februari lalu, saat di berulang tahun ke-6. Jadi jika dihitung-hitung, total tulisannya antri untuk dimuat di Koran Kompas kurang lebih 8 bulan. Cukup lama bukan? tapi selama masa menunggu itu ada hikmah dan pelajaran yang Mayra dapatkan. Terutama belajar kesabaran, segala sesuatu itu memang ada proses menunggunya khan? Begitulah Mayra selalu menenangkan dirinya sendiri jika setiap minggu pagi melihat tidak ada tulisannya di Koran Kompas. Mayra akan berucap " Mungkin minggu besok ya Ma, tulisanku di muat..." Sungguh kata-kata yang luar biasa keluar dari anak usia 6 tahun.
Akhirnya ketika waktunya tiba, saat melihat tulisannya ada di Kolom Kiriman Anak di Pojok bawah koran Kompas, Mayra tak kuasa berteriak girang.....Horeee.....Tulisanku dimuat juga.....Alhamdulillah, kesabaran berbuah manis bagi Mayra.
Bukan hanya itu, ada lagi yang membuat mama jadi haru dan bertambah bangga pada Mayra. Dengan dimuat tulisannya tersebut, Mayra mendapat Honor dari Redaksi Kompas. Jumlahnya Lumayan untuk anak sekecil Mayra. Oleh Mayra uang honor itu disumbangkan untuk korban gempa di Sumatera Barat, Padang. Sungguh suatu perbuatan yang sangat membuat mama tambah bahagia. Semoga Mayra tumbuh jadi penulis yang hebat dan tambah peduli pada sesama....Aamiiin....

Rabu, September 30, 2009

Alhamdulillah.....Akhirnya datang juga



Setelah sebulan menjalani Ibadah Puasa dan merayakan hari Idul Fithri, Kini MayFiLa bersiap untuk kegiatan Jum'at berbagi lagi. sudah berpuluh-puluh resep masakan, kue dan cemilan di buka-buka dan "dipelototin" mereka. Maksud hati ingin segera cooking class lagi. Dan pastinya hasilnya nggak dimakan sendiri, tapi ingin berbagi ke orang lain. MayFiLa sempat lihat foto alat masak di wall facebook teman mama. Sepertinya alat itu cocok deh buat MayFila, selain bisa masak lebih cepat, lebih sehat karena nggak perlu banyak minyak serta lumayan aman karena kalo menggoreng kondisi Pan-nya tertutup karena doubel. sehingga meminimalkan terpercik minyak saat menggoreng. Sepertinya beberapa waktu lalu, tepatnya mama lupa, mungkin setahun atau 6 bulan lalu mama sempat lihat iklannya di salah satu stasiun TV. Nama merek barangnya Happy Call. Tanpa sengaja mama dan MayFiLa siang kemarin lihat lagi iklannya dan tanpa tunggu lama deh, Mayra langsung pencet nomor telpon tersebut dan minta mama pesan untuk kegiatan cooking class mereka. Alhamdulillah....kini udah datang deh Happy Call nya. Insya Allah kemarin udah langsung dicoba untuk membuat Ikan Panggang...Hasilnya Uenaaaak...Alhamdulillah....akhirnya datang juga deh alat masak yang diidamkan MayFila...Semoga bermanfaat selalu Untuk membuat makanan yang cepat, sehat dan bergizi....

Jumat, September 18, 2009

Karya untuk Idul Fitri



Hari ini MayFiLa berkarya untuk menyambut Idul Fitri. Awalanya mereka membuat miniatur masjid dari minuman jus kotak dan susu cair botol. Semua Jus dan susu masih utuh, jadi lebih mudah menyusunnya dan tidak gampang jatuh atau tumbang karena lebih berat . Walau tidak sebagus Masjid Al Akbar yang terbesar di Surabaya, namun cukup keren karena memang hasil karya sendiri tanpa campur tangan mama. Selain itu Mbak Mayra juga menggambar Masjid dan diwarnai sesuai keinginan hatinya. Mbak Mayra juga menuliskan ucapan SELAMAT IDUL FITRI MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN.
Untuk semua saudara, handai taulan, teman-teman serta sahabat di seluruh pelosok bumi, Kami sekeluarga mengucapakan SELAMAT IDUL FITRI 1430 H. Mohon Maaf Lahir dan Batin....

Kegiatan Ramadhan MayFiLa



Alhamdulillah selama Ramadhan ini MayFiLa nggak cuti belajarnya. Tetap belajar terutama dengan cara Home education (HE). Selama Ramadhan 1430 Hijriah ini, banyak yang MayFiLa lakukan. Tidak hanya belajar berpuasa, shalat taraweh di Langgar dekat rumah, berbagi dengan orang yang terdekat sampai orang-orang yang belum di kenal. MayFiLa belajar juga belajar Rukun Iman, Rukun Islam dan sejarah Islam melalui paket Kado Anak Shaleh yang mereka dapat dari mama. Selain itu MayFiLa juga sempat melihat langsung Pameran Pedang Nabi Muhammad SAW di Sidoarjo dan shalat Taraweh di Masjid Al Akbar Surabaya.
Alhamdulillah tahun ini Mbak Mayra puasanya 5 hari penuh sampai Maghrib. Masih latihan, sesuai kemampuan dan keinginannya sendiri, tanpa ada unsur paksaan dari siapa pun. Di hari lain jika Mayra, Fitri dan Labibah tidak puasa sampai maghrib, Mayra berusaha mengajak adik-adiknya untuk menghormati hari Ramadhan, dengan tidak makan sembarangan di depan orang yang berpuasa. Alhamdulillah sungguh Ramadhan yang Indah untuk belajar dan berbagi....

Rabu, Agustus 19, 2009

Happy Birthday Papa




Menjelang pergantian hari, tepat tanggal 20 agustus 2009, Papa tepat berusia 35 tahun. Teriring doa dari kami, Mama Ida, Mayra, Fitri dan Labibah...kami berharap Papa dilimpahkan umur yang barakah....Diberikan kesehatan yang prima, semakin diteguhkan dan istiqomah di jalan-Nya, ditambahkan kesuksesan, dilimpahkan dan dibukakan segala pintu rizki yang barakah, dimudahkan dan dilancarkan segala urusan dunia dan akhirat...Dan semoga bisa selalu hidup bahagia bersama kami di dunia hingga Akhirat....Aamiiin allahumma aamiiin........

Happy Birthday Papa...We Love You so much....

Minggu, Juli 19, 2009

Jum'at Berbagi : Edisi back to School

Jum'at, 10 Juli 2009 lalu, MayFiLa mengumpulkan sekotar 20 orang teman-teman Rumah Ilmu dan anak-anak tetangga dekat rumah. Kali ini MayFiLa ingin membagikan paket buku dan alat tulis bagi semua teman-temannya tersebut. Alhamdulillah acara berlangsung lancar, tertib dan tetap seru. MayFiLa bersama teman-temannya juga unjuk bakat yang mereka miliki. Ada yang nyanyi, ada yang drama, ada yang menari dan ada yang melawak. Pokoknya seru abiz...Sebelum pulang ke rumah masing-masing, mereka juga sempat menyantap puding strawberry buatan mama Ida....alhamdulillah semuanya menyantap dengan lahap sampe tak bersisa.....

Jumat, Juli 03, 2009

Jum'at berbagi : Kelepon kentang dan Martabak telur



Jum'at pagi ini MayFiLa membuat kelepon kentang dan Martabak telur. Bagian proses pembuatan yang paling di senangi MayFiLa adalah membuat adonan kelepon menjadi bundar. MayFiLa rebutan mau membentuknya. Mereka membayangkan seperti membentuk lilin mainan miliknya...Alhasil kelepon buatan MayFiLa tidak semuanya bundar, ada yang bersegi banyak dan ada yang bulat panjang hihihi..... Alhamdulillah menjelang Zuhur semua telah selesai. Kelepon kentang dan martabak telurnya di bagi menjadi paket-paket mika yang dibagikan ke tetangga sekitar Rumah Ilmu. Ada juga yang dimakan bersama teman-teman yang saat itu berkumpul di Rumah Ilmu. Selain itu ada juga tetangga jauh yang dapat, yang kebetulan datang dan melihat cooking class kali ini. Alhamdulillah semoga barakah....Aamiiin...