Selasa, Januari 20, 2009

Belajar dari Tanaman

Sejak pekan kemarin, bersama guru pembimbingnya, Ibu Ainur dan Miss Aulia, MayFila menanam kacang hijau di 2 buah gelas plastik dengan media kapas yang dibasahi. Setiap gelas diisi 5 butir biji kacang hijau. Satu gelas dibiarkan terletak dekat jendela dan mendapat cukup sinar matahari, sedangkan yang satunya lagi diletakkan ditempat gelap, di bawah tempat tidur. Trus mereka amati setiap hari sampai hari ke-5 saat mama ambil foto ini, terlihat jelas perbedaan keduanya.

Gelas yang dekat jendela, semua butirnya tumbuh sehat, hampir sama tingginya, daunnya hijau dan tampak kehijauan juga batangnya....Sedangkan yang di tempat gelap, tidak semua butir tumbuh dengan sama panjang, ada yang pendek juga.

Trus daunnya dan batangnya kekuningan. Dari fakta itu MayFiLa bertanya "kok bisa begitu ya Ma? " Alhamdulillah setelah dijelaskan akhirnya mereka tau betapa penting sinar matahari buat kehidupan. Gelas yang terkena cukup sinar matahari membuat perkecambahan kacang hijau jadi bagus dan sehat. Sedangkan yang ditempat gelap kelihatan kurus dan kekuning. MayFiLa bertanya lagi, "kenapa sepertinya lebih panjang walau kurus, tanaman yang ada di tempat gelap?" Akhirnya keluar deh istilah Etiolasi, proses tumbuh memanjangnya tanaman karena ingin mencari sumber cahaya...MayFiLa sekarang senang jalan pagi, alasan mereka....Matahari bagus buat tubuh manusia....Alhamdulillah selain bisa langsung diterapkan dalam kehidupan, MayFila juga senang dengan cara belajar begini.

Tidak ada komentar: