Rabu, April 29, 2009

Kartu Paper bag

Prakarya Kertas : Kartu paper bag

Mayra ingin ikutan Prakarya kertas dalam rangka ultah Emily dan Audrey, anak Mbak Dian di USA. Mayra ingin membuat paper bag yang dapat berfungsi utk mengisi hadiah atau kado ultah. Karena ini merupakan teman barunya, Mayra sekalian membuat sisi luar paper bag ini sebagai kartu ucapan Ultah bagi Emily dan Audrey dan salam kenal darinya.

Bahannya sederhana :

kardus bekas susu, pita merah 50 cm, kertas HVS A4 , putih 3 lembar kertas warna-warni, lem, pensil, spidol dan isolasi

caranya :

kardus dibiarkan utuh, dilapisi kertas putih dengan cara diisolasi. setelah tertutup semua sisi, ditulisi dg pensil, lalu diperjelas dengan spidol. Berikutnya sekitar tulisan diberi lem dan ditaburkan kertas warna-warni yang telah dipotong kecil-kecil. itu dilakukan berulang untuk kedua sisi dengan tulisan yang beda. akhirnya baru di beri pita merah sebagai pegangan.

Buat Mbak Dian, Emily dan Audrey...Semoga diterima ya karya Mayra ini.....

Salam kenal....


Jumat, April 24, 2009

Kamis, April 23, 2009

Jum'at Berbagi : memasak Mie Goreng spesial dan Kue Brownis

Jum'at pagi ini MayFiLa berencana memasak mie goreng spesial dan kue brownis istimewa. Semua bahan sudah disiapkan, jam 8 baru mulai masak. Jam 9-an mie goreng yang semua bumbu diracik sendiri dan tentu saja tanpa MSG telah siap dan aromanya mengundang selera. Jadinya makan bersama dulu deh...hehehe...jam 10 baru mulai buat brownis....dan akhirnya karena membuatnya banyak dan 2 ronde kukusan....Jam 2 siang brownis baru siap dipotong dan disajikan. Makanya jam 3 sore deh baru bisa dibagikan paket makanan berisi mie goreng spesial dan brownis kukus istimewa. Rasanya jangan ditanya...Yummy dan lezaaaat banget....Alhamdulillah hari ini kami dapat berbagi dengan penjual es di depan rumah ilmu, tetangga dan ibu pemulung di gang sebelah. Oh ya, karena pagi hingga siang ini kamera mama lagi "ngadat" jadi nggak terabadikan deh mie goreng dan brownis kukusnya.....Insya Allah nggak apa-apa ya....kapan-kapan buat mie goreng dan bolu kukus lagi biar bisa di foto yang buanyaaak...hihihi....

Selasa, April 21, 2009

Hari kartini di Homeschooling MayFiLa

Dalam rangka memperingati hari Kartini, MayFiLa mengadakan serangkaian aktivitas belajar dengan Tema Kartini hari ini. Semua aktivitas dilakukan di Rumah Pintar milik MayFiLa, segala pakaian dan perlengkapan adalah koleksi sendiri, jadi tidak beli atau sewa. Urutan acara pertama MayFiLa mengadakan festival dengan baju spesial.

Mayra memakai baju adat Dayak. Fitri memakai kreasi busana muslim.

Labibah seleranya yang tetap memakai baju peri.

Selanjutnya, acara mendengarkan kisah hidup Kartini yang diceritakan oleh mama. MayFiLa sangat antusias dan bersemangat mendengar kisah hidup Kartini....

Selanjutnya mama mengajukan pertanyaan seputar cerita yang telah disampaikan...MayFiLa bergantian dan bersahut-sahutan menjawab pertanyaan yang diajukan....Seru abizzz...Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini secara bersama...

Kompak dan penuh penghayatan...hehehe....Berikutnya main tebak-tebakan dengan mengambil poster pahlawan yang mereka miliki...MayFiLa berusaha mencari yang mana sosok Ibu kartini.....dan....akhirnya Labibah pun tau di poster itu Ibu Kartini tampak anggun dengan kebaya putih....

Sungguh sangat menggembirakan dan membuat senang belajar dengan tema Kartini di Homeschooling MayFiLa hari ini....Selamat Hari Kartini buat semua Wanita Indonesia.....

Jumat, April 17, 2009

Jum'at Berbagi : Belajar Istiqomah dan Bersabar

Jum'at pagi ini kami berangkat ke Rumah Ilmu untuk memasak makanan yang akan dibagikan ke bapak-bapak becak. Sejak malam sebenarnya Dek Labibah udah kelihatan tidak enak badan, ketika pagi ini mama tanya, Dek kita tetap masak untuk Jum'at berbagi??? dengan mantap dia jawab...Iya donk ma, ....Wah mama kagum deh, walau lagi sakit, Dia tetap semangat dan ini jelas memantapkan niat awal kami...Untuk tetap istiqomah memasak makanan sendiri, dari pada beli atau pesan lagi....Selama proses mama dan Mayra serta Fitri dan di bantu Tante Um, menyiapkan makanan, Dek Labibah berbaring dan tidur di kamar Tante Um...Subhanallah ada nilai kesabaran yang besar yang ditunjukkan oleh Dek Labibah....Terima kasih Sayang, Mama belajar banyak dari dirimu hari ini....Sabar.....memang tanpa batas....Alhamdulillah jam 10 makanan sudah siap di berikan ke Pak Becak, saat pak becak datang mengambil makanan, kami juga segera pamitan pulang....Semoga lekas sembuh ya Labibah...bidadari kecil ku.....

Kamis, April 16, 2009

Bulan Purnama

Malam hari setelah peresmian Taman Bacaan Rumah Ilmu, di langit ada bulan purnama. MayFiLa senang banget....bermain di halaman sambil mengamati bulan....mayFiLa bersahut-sahutan memberi komentar tentang bulan yang mereka lihat...Ma, bulan itu bentuknya lingkaran; Ma, bulan itu warnanya kuning keemasan; Ma, bulan itu ngikutin aku terus .... dan tidak lupa menyanyikan lagu... ambilkan bulan bu...ambilkan bulan bu... Wah senangnya melihat MayFiLa gembira menikmati cahaya bulan purnama.....

Selasa, April 14, 2009

Taman Bacaan Rumah Ilmu


Ini adalah Taman Bacaan pertama yang didirikan MayFiLa. Kenapa pertama??? karena kemungkinan MayFiLa masih berkeinginan membuat Taman bacaan lagi ...mungkin di Rumah tantenya di Bengkayang atau rumah neneknya di Pontianak...atau di rumah Papanya di Belanda....Tak taulah dimana pada akhirnya Taman bacaan berikutnya...tapi yang pasti MayFiLa baghagia sekali dengan adanya Taman Bacaan ini.

Kenapa namanya Rumah Ilmu??? MayFiLa bilang...agar semua orang yang berkenan mampir atau datang ke sini bisa bertambah Ilmunya....Aamiiin....

Kenapa bukan di rumah kami???? Ini agar Taman bacaan kami lebih mengenai sasaran, karena di sekitar lokasi Taman bacaan ini banyak anak-anak kecil dan punya minat baca yang besar tapi dari segi ekonomi tidak mampu untuk membeli buku.

Apa untungnya bagi MayFiLa??? Alhamdulillah, sejak awal ide ini dicetuskan, mama melihat banyak hal positif yang dapat di ambil manfaat oleh MayFiLa :

Pertama, MayFiLa begitu besar rasa empati terhadap teman sebayanya yang lebih kurang beruntung dibanding mereka. MayFiLa jadi selalu bisa berbagi dengan teman-temannya...

kedua, May FiLa bertambah jadi banyak temannya. Usia anak yang datang ke sini bervariasi, mulai usia 2 tahun, 4 tahun, 5 tahun sampai usia SD kelas 4, kelas 5 dan kelas 6 SD. Hal ini jelas mematahkan pendapat bahwa anak Homeschooling akan sulit bersosialisasi...terbukti nih...temannya buanyaaaak.....

Ketiga, Rumah Ilmu ini jadi pusat kegiatan Jum'at berbagi bagi MayFiLa karena acara memasak untuk Jum'at berbagi MayFiLa lakukan di sini...Jadi sekalian sebagai dapur Cooking class bagi MayFiLa...

Keempat, Rumah Ilmu ini juga merupakan alternatif tempat belajar buat MayFiLa....Oh ya sejak awal April ini MayFiLa belajar sudah tidak didampingi Ibu guru lagi jadi fuul belajar bersama mama deh...Semoga MayFiLa tambah mantap jadi pribadi pembelajar Mandiri...Aamiiin....

Jum'at berbagi : Syukuran Peresmian Taman Bacaan Rumah Ilmu




Alhamdulillah...Jum'at pagi pekan ini, MayFila membantu mama menyiapkan nasi kuning dan segala pernak-perniknya untuk di bagikan ke tetangga dan keluarga kurang mampu yang berada di sekitar kami. Oh ya, sebenarnya ini juga merupakan syukuran kecil-kecil atas diresmikannya Taman bacaan Rumah Ilmu yang dirintis oleh MayFiLa. Taman bacaan Rumah Ilmu ini selain menyediakan buku bacaan anak, buku aktivitas, mainan edukasi, 1 set alat musik rebana, juga ada bacaan untuk ibu-ibu...Semoga taman Bacaan Rumah Ilmu ini berguna bagi masyarakat di sekitar sini....dan semoga di rumah Ilmu ini, siapa pun yang ke sini akan bertambah Ilmunya...Aamiiin....


Sabtu, April 04, 2009

Imaginasi Fitri

Malam hari, saat setelah dibacakan dongeng " Timun Mas " oleh Mbak Mayra, Fitri tiba-tiba mengambil baju kaos batik milik Papa. Biasanya baju itu mama pake klo lagi kangeeen Papa..., eh kali ini malah dipake Fitri. Belum terjawab kebingungan mama, Fitri malah mengambil selembar kertas yang rupanya telah digambar sesuatu olehnya. Dengan lantang Fitri berteriak...Ma, ini aku buat gambar si Timun Mas dan aku si raksasanya ....

sambil menunjukkan kertas hasil gambarnya serta bergaya bak seorang raksasa....Huahahahaha..., meledaklah tawa mama, Mayra dan Labibah....Rupanya Fitri lagi menggambarkan tokoh cerita pada dongeng si Timun Mas....Alhamdulillah, Fitri hebat bisa berimaginasi seperti itu.....

Jumat, April 03, 2009

Jum'at Berbagi : Semua Makanan dimasak Sendiri

Alhamdulillah, hari ini MayFiLa dan mama menyiapkan dan memasak semuanya sendiri. Biasanya khan selalu ada yang kami pesan atau beli dari rumah makan atau catering. Tapi mulai bulan April ini, semua paket nasi yang akan kami bagikan di acara Jum'at Berbagi akan kami siapkan dan masak sendiri. Selain lebih hemat, uang sisanya akan kami belikan buku-buku buat nambah perbendaharaan buku di Taman Bacaan yang akan kami rintis. Juga moment memasaknya sekaligus bisa sebagai kelas memasak bagi MayFiLa....Seperti hari jum'at ini, sejak jam 6 pagi, kami sudah ke rumah Tante Um, oh ya masaknya di rumah Tante Um, karena sasaran jum'at berbagi pekan ini ada di sekitar rumah Tante Um. Memasak Nasi, Memasak Udang bumbu Kecap , Tempe goreng, Cap-cay Sayur serta tak ketinggalan Sambal terasi yang sedaaaap....Alhamdulillah jam 11 kami sudah bisa membagikan ke Bapak-bapak becak di sekitar situ dan para tetangga di sekitar rumah Tante Um. Alhamdulillah Jum'at berbagi yang sangat berkesan.....

Memandang Awan

Setiap sore, ada saja yang MayFiLa lakukan....termasuk yang satu ini. Ketika menjelang senja, MayFiLa dan Mama naik ke lantai atas tempat biasa menjemur pakaian, di sini MayFiLa bisa bebas menatap langit dan Memandang awan....Dengan bermodal gulungan kertas dan rol bagian tengah tisu gulung, MayFila berlagak sebagai pengamat .

Mereka kagum dengan cerahnya warna langit sore itu dan terkesima dengan bentuk awan yang bermacam-macam, apalagi awan berarak-arak di tiup angin...sungguh indah dan tentu saja banyak pertanyaan dari mulut mungil MayFiLa. Mulai dari, kenapa awan berpindah-pindah Ma??? Kenapa bentuknya awan berbeda-beda? kenapa ada yang tinggi dan ada yang rendah??? dan lain sebagainya ...Saat itu mama jelaskan seperti yang mereka lihat langsung....Setelah itu, ketika udah di depan komputer, pertanyaan tersebut kami cari lagi jawaban detilnya di e-book yang mereka miliki....Sungguh cara belajar yang memang asyiiik....

Rabu, April 01, 2009

Kelas Memasak : Membuat Bluder Keju

Mayra menemukan resep ini di Tabloid Nova yang mama beli karena ada membahas tentang Homeschooling dan ada teman mama diwawancarai ( tante Maria). Setiap hari Mayra buka resep itu dan selalu bilang " Ma, Aku mau buat yang ini..."

Alhamdulillah akhirnya hari minggu kemarin, mama dan MayFila ke rumah Tante Um, kami membuat Bluder Keju bersama. Tapi bentuknya tentu saja ala MayFiLa, bunder-bunder jadi kayak roti. Rasanya Wah Uenaaak banget...dan dengan bangga Mayra berkata " ma, besok-besok aku mau buat lagi yang uenak kayak gini...". Alhamdulillah walau baru nyoba hasilnya tidak mengecewakan .