Sabtu, Desember 12, 2015

Pengalaman Menulis Buku "KULIAH JURUSAN APA? FAKULTAS PERTANIAN"

Teman-teman sayang, izinkan saya berbagi pengalaman.
Buku Kuliah Jurusan Apa? Fakultas Pertanian merupakan buku solo yang saya tulis tanpa "revisi".
Sejak mengajukan OUTLINE dan menulis naskah FINAL, tidak ada revisi yang diminta oleh editor. dan menurut Mbak Chika Ananda, ini adalah satu-satunya buku dalam seri ini yang tanpa revisi.



smile emoticon




Apa kuncinya?
Buatlah OUTLINE dengan detil dan MENARIK smile emoticon
Kemudian? Kembangkan menjadi NASKAH BUKU yang bermanfaat.
Telah selesai menulis sampai bab akhir?
Jangan langsung kirim. Lakukan cek dan ricek.
Saatnya melakukan SELFT EDITING!
Periksa setiap kata yang telah kita tulis.
Pastikan sesuai EYD dan naskah enak dibaca smile emoticon
Sudah selesai?
Saatnya kirim ke editor,
Yakinlah! Sang editor tidak akan pusing kepala dan akan jatuh hati sama naskah kita ^_^

Salam sukses selalu ^_^

 heart emoticon

Ketentuan Pengiriman Naskah Gramedia Pustaka Utama

Assalamu'alaikum teman-teman.
Mungkin ada yang ingin menerbitkan buku dan sedang mencari penerbit.
Info ini copas dari blog PT. Gramedia Pustaka Utama.
Semoga bermanfaat.


Ketentuan Pengiriman Naskah Gramedia Pustaka Utama

  • KETENTUAN UMUM:
    1. Tebal naskah 100 s.d. 200 halaman.
    2. Untuk buku anak, lengkapi dengan contoh ilustrasi dan konsep cerita, terutama           untuk buku berseri.
    3. Jenis huruf TNR. Ukuran font 12pt, dengan spasi 1,5.
    4. Tema naskah bebas, tidak menyinggung SARA dan tidak vulgar.

    PILIH SALAH SATU CARA PENGIRIMAN NASKAH DI BAWAH INI:
    Printout:
    1. Ukuran kertas A4 atau folio.
    2. Naskah sudah dijilid.
    3. Sertakan ringkasan cerita/sinopsis.
    4. Sertakan data diri singkat (nama, alamat, nomor telepon, alamat e-mail).
    5. Setelah naskah masuk akan dipertimbangkan oleh tim editor paling lambat 3 bulan.     Naskah yang tidak lolos seleksi tidak akan dikembalikan dan akan dimusnahkan.
    6. Untuk memudahkan proses seleksi/pengategorian, cantumkan jenis naskah di             sudut kiri atas, seperti:
        - Fiksi
        - Nonfiksi
        - Remaja
        - Dewasa
        - dll.
    E-mail:
    Kirimkan naskah dan data diri melalui e-mail ke fiksi@gramediapublishers.com atau nonfiksi@gramediapublishers.com dengan subject Naskah: JUDUL.
    Gramedia Writing Project:
    Buat akun di situs resmi Gramedia Writing Project, lalu unggah sebagian naskah dan sinopsis.
    ________________________________________
    Kami tidak memungut bayaran apa pun dari penulis.

    Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi Redaksi Gramedia Pustaka Utama 53650110 ext. 3511/3512 atau via e-mail: fiksi@gramediapublishers.com atau nonfiksi@gramediapublishers.com




Rabu, Desember 09, 2015

Ucapan Terima Kasih



:: Ucapan Terima kasih ::

Alhamdulillah. 
Buku Kuliah Jurusan Apa? Fakultas Pertanian telah terbit dan beredar di toko buku Gramedia di seluruh Indonesia.
Saya mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada saudara-saudari dan sahabat yang telah banyak membantu dan memberi informasi terkini untuk dimuat dalam buku ini.

Mbak Dede Tantri Palupi, terima kasih telah mengirim kurikulum terbaru^_^ smile emoticon
Mbak Rani Akyun, terima kasih sudah berbagi info peluang karier lulusan Fakultas Pertanian.
Marwan ChamakhDodie MaulidianAhmad Nurdin SiregarFitri Abassuni,Tety HerawatyHesti LoovianiIrwan Arief RachmanLili Febrianti, terima kasih sudah memberi testimoni pengalaman kuliah.

Semoga semua sumbangsih menjadi amal jariah.
Semoga buku ini bermanfaat untuk generasi muda, calon pemimpin negara Indonesia di masa depan. Aamiin aamiin aamiin ya rabbal 'aalamiin.




Sabtu, Desember 05, 2015

Kuliah Jurusan Apa? Fakultas Pertanian

Judul buku : Kuliah Jurusan Apa? Fakultas Pertanian

Penulis: Ida Fauziah

Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama

Terbit: Desember 2015

Dijual di toko buku Gramedia seluruh Indonesia




Sebagian besar lulusan sekolah menengah ingin bisa melanjutkan studi di perguruan tinggi. Tetapi banyak dari calon-calon mahasiswa tersebut, masih ragu dengan jurusan yang akan dipilih.
Apakah Kamu juga merasakan hal itu? Apakah Kamu sudah tahu, fakultas mana yang akan menjadi pilihan? Atau Kamu masih bingung dan masih belum menentukan pilihan?
Yuk, intip fakultas yang ilmunya akan selalu bermanfaat sepanjang zaman. Tahukah Kamu, apakah nama fakultas itu? Fakultas Pertanian.
Pertanian merupakan bidang kehidupan yang penting untuk manusia. Selama manusia masih bernapas dan memerlukan makanan, tentu manusia memerlukan hasil pertanian untuk memenuhi keperluan hidupnya.
Apakah Kamu masih penasaran, mengapa lulusan Fakultas Pertanian selalu diperlukan? Mengapa harus memilih fakultas pertanian? Di Seluruh propinsi di Indonesia, universitas mana saja yang memiliki jurusan Pertanian? Bagaimana persiapan untuk masuk Fakultas Pertanian? Apa saja ilmu yang akan dipelajari? Profesi apa saja yang bisa ditekuni oleh lulusan Fakultas Pertanian?
Yuk baca dan miliki buku ini. Rasa penasaranmu akan terobati. Jawabannya akan Kamu temukan dalam buku ini.



Selasa, Desember 01, 2015

Buku Baru: "Kuliah Jurusan Apa? Fakultas Pertanian"




Alhamdulillah. Di penghujung tahun 2015, awal bulan Desember, telah terbit buku baru.
Judulnya: "Kuliah Jurusan Apa? Fakultas Pertanian".
Buku ini merupakan rangkaian suka duka dan lika-liku selama kuliah di Fakultas Pertanian (Faperta).
Tidak ketinggalan info detil tentang persiapan dan tips sukses kuliah di Faperta serta peluang karier setelah lulus. Semoga buku ini bermanfaat. Aamiin.

Senin, November 30, 2015

Sekolah Perempuan Gelombang 10








Testimoni Peserta SP10


Iha Rosihah
Belajar di Sekolah Perempuan 10 jadi paham bahwa menulis yg baik itu tidak se-simple yg biasa sy lakukan tapi juga bukan hal yg tidak mungkin untuk dipelajari & kuasai
Makasih para suhu SP 10


Maryati Imang
Bergabung dengan IIDN sudah lebih dari setahun, namun hanya menjadi pembaca pasif. Baru sebulan lalu tiba-tiba tergerak ikut Sekolah Perempuan10. Diniati banget ikut, dengan reparasi laptop dan beli kartu perdana baru 2 biji! Senin dan Rabu malam jadi spesial karena mantengin laptop bersama Keenan disisi kanan dan kiri. Tetep, muter-muter hihihi. Senyumnya semakin lebar saat mbak Anna Farida atau mbak Artha Julie Nava menyapa "Hallooow Keenan". Menyenangkan berkenalan dengan teman-teman yang dengan kegiatan domestik maupun karir/bisnisnya memiliki dengan passion yang sama, berbagi lewat tulisan.Dan ternyata sudah ada beberapa yang sudah pernah nerbitin buku. Saya?pemula hehe. Efek webinaran jadi mulai rajin nulis lagi,minimal status di FB dan update blog. Calon buku kelar sebelum 2015 berakhir? Semogaaaa.....


Nurmalia Ika
Berproses dengan waktu, sembari saya mengingat waktu SMP yang senang sekali menuliskan segala sesuatu baik jatuh cinta ataupun sedih di diary, pernah karena terlalu banyak saya tuliskan dalam diary saya sampai saya bukukan saya jilid, entah berapa halaman karena tebal. Sejarah awal saya mulai belajar menulis sampai dengan sekarang dengan blog pribadi, banyak puisi-puisi anak remaja, banyak renungan-renungan didalamnya, dan pernah karena bingung memberi hadiah saya menuliskan berlembar-lembar dikertas untuk hadiah seseorang yang istimewa waktu itu, setiap hari 1 lembar dalam 1 tahun pas hari Ulang Tahunnya, yang akhirnya menjadi buku saya jilid sendiri, dan tidak dijual di toko bukun hehe...., kisah tentang persahabatan. Menulis ternyata proses memaknai sejarah hidup saya, mencoba mengaktualisasikan bersama teman-teman di Sekolah Perempuan Gel 10, terimakasih mau berbagi ilmu untuk Ibu Anna Farida dan Ibu Ida Fauziah, dan semua mentor, semoga saya bisa bisa konsisten dan serius ya, mari kita ramaikan dunia ini dengan menorehkan apa yang ada di benak kita sehingga langit bisa melihat kita dan membaca jejak kita dengan menulis......ayo teman-teman kalian 

Nur Islah
Sempat maju mundur cantik ikut Sekolah Perempuan. Di dalam pikiran saya, kenapa harus ikut SP jika hanya ingin belajar menulis. Tidak kurang di dunia maya sana tips-tips menulis yang bisa dipelajari, cukup ketik kata kunci, bertebaranlah tips-tips menulis dari yang pendek, panjang, sampai yang sangat detail. Buku-buku yang membahas cara menulis juga tidak kalah banyaknya. Mulai dari karangan penulis yang sudah top markotop, yang sudah terbukti dengan jumlah karya sampai ribuan, sampai yang ditulis oleh penulis yang masih pemula. 

Memang benar kata orang, jika bergaul dengan penjual parfum, akan terciprat harumnya juga. Bergaul dengan orang-orang yang passionnya menulis di SP, mencipratkan wangi motivasi untuk selalu berkarya seperti mereka, selalu menulis, selalu mengikat ilmu dengan tulisan.
Bukan hanya belajar teknik menulis saja yang saya dapat, tapi yang lebih utama, yang dulu tidak terpikirkan menjadi terpikirkan. Yang hanya pernah dibayangkan, sekarang bisa diusahakan untuk terwujud. Karena SP bukan hanya memberikan ilmu melalui webinar, tapi juga jejaring yang luas, yang akan membantu teman-teman alumni SP untuk saling menyemangati, untuk tetap menulis dan berkarya.



Ibnia Veni
Belajar di Sekolah Perempuan Gel. 10, ruaaar biasaaa ..., kelas online yang penghuni kelasnya sudah tentu perempuan semua ini, kebanyakan memiliki obsesi jadi penulis. Betapa tidak, Sekolah Perempuan adalah wadah bagi perempuan untuk belajar menulis dengan target menyelesaikan satu naskah buku siap terbit. Juga bagaimana gak seru, belajarnya selalu berpacu dengan ngantuk karena jam tayangnya adalah prime time ngantuk-ngantuknya, 20.00 - 22.00 hehehe ..., usaha mengatasinya dengan aktif chatting dengan pengajar atau sesekali dengan sesama siswa di samping melototin materi dan pasang kuping. Belum lagi PR-PRnya yang singamati - plesetan deadline (dead lion) oleh para pengajar selalu Sabtu malam ... (kapan istirahatnya?). Lalu ada kalanya sakit kuping ketika suara pengajar pecah atau kalau suaranya timbul tenggelam, tapi tentu itu tidak seberapa dibandingkan materi kekiniannya di webinar yang ..., membuat mata berbinar-binar ... asyiknya tuh di sini. 


Camelia
Gara-gara mbak Nurmalia Ika Manizz minta PR sama para mentor, saya jadi 'wajib' menuliskan testimoni soal Sekolah Perempuan. Sebenarnya tanpa di suruh pun, saya baru saja mau membagi kisah seru 'nyemplung' di Sekolah ini. Kalau ditanya asyik dan serunya sekolah disini, jawabannya banyak. 

Ketemu teman-teman baru yang ternyata sudah jadi penulis keren dan ketemu mentor-mentor yang sudah punya banyak buku best seller. Di sekolah perempuan, saya gak perlu datang ke kampus kalau kuliah. Cukup buka laptop langsung bisa berinteraksi dengan guru nya pake webinar. Kuliah disini, saya bisa bertemu dan berkomunikasi dengan guru saya Indari Mastuti di bandung, mbak Ida Fauziah di Johor Bahru, Artha Julie Nava di Detroit AS dan cik gu Anna Farida. Mereka semua pribadi yang asyik dan menyenangkan lo. Cantik, suaranya merdu, jago nulis pasti dan gak pelit ilmu. Semua murid langsung dapat mentor. Targetnya, setelah lulus, saya bisa menerbitkan buku. keren kan?. Di jamin, materi diberikan semua tanpa rahasia. Yang jadi rahasia adalah, waktu kuliah kita semua bisa sambil pake daster...heheheheh





Dinii Fitriyah
Agak menyesal kemarin tidak mengikuti webinar terakhir di Sekolah Perempuan. Padahal kemarin materi terakhir. Ditunggu rekamannya masih blm muncul, udah kayak nunggu apa aja. Sungguh merasa kehilangan krn tiap Senin dan Rabu malam itu menjadi hari yang sangat ditunggu2. Dari skian training yang saya ikuti, baru kali ini merasa menyesal telah melewatkan materinya. Kesel sama provider karena sinyal tidak bersahabat.
Sekolah Perempuan, dengan mentor2 luar biasa, meskipun ada yang di Amerika, ada yang di Malaysia, di Indonesia, tp smua berkomitmen untuk melahirkan penulis2 handal. Menjawab smua pertanyaan di kelas dengan sabar dan rinci. 
Di SP bukan hanya sekedar belajar menjadi penulis yang baik, belajar bagaimana menerbitkan buku, tp juga saya jadi tau seberapa mampu saya menjadi penulis. Saya jadi PeDe bahwa tulisan saya juga layak dibaca. 
Dan.. saya menyesal tidak ikut SP dari dulu
J

Poeji Oetaminingsih
Pengalaman baru yang sangat menarik dan menantang. Bukan hanya targetnya yang menantang yaitu menghasilkan 1 buah buku, cara belajarnya pun menantang kuliah online ...Setiap jadual pelajaran berikutnya selalu ditunggu -tunggu materi nya menarik, cara membawakannya juga menarik..bisa belajar bersama anak , padahal bayarnya hanya 1 lho ...ha..ha..ha...dan satu hal lagi yang menarik ..walau jarak jauh kita tertantang untuk disiplin ...disiplin dalam mengikuti pelajaran, disiplin mengerjakan PR...pokoknya seru......3 D untuk Sekolah Perempuan : disiplin, digital, ditantang...ha..ha..ha...

Joy Amarta
Tak kenal maka tak sayang, tak dekat maka tak dapat. Satu kata satu tujuan dan satu makna. Untuk SP sungguh the best. Menjaring, mencipta, membuat, mengelola kita perempuan menjadi mandiri, tahu lebih banyak, berpola maju ke depan. Smart dalam segala pengetahuan. Telusuri, jajaki, dan masuki ruang SP jika ingin menjadi apa yang dinamakan perubahan dalam hidup. Berproses dari tidak tahu menjadi tahu, berproses dari merangkak menjadi berdiri. Berproses dari nol menjadi angka 10. Langkah yang mudah akan tercipta dengan belajar. Stop untuk berkata NO, karena di sinilah kita akan digembleng secara periodik, bertahap menjadi perempuan super. Terasah otak, pengetahuan bertambah, minat membaca menjadi target, bertambah rekan dan sahabat. Bertambah rezeki tentunya. SEKOLAH PEREMPUAN jawaban Anda dalam proses menuju wanita cerdas, cemerlang, bersahabat dan berwawasan modern. Go SP, kembangkan sayapmu hingga mencetak seribu generasi wanita-wanita hebat.

Selasa, November 17, 2015

Anugerah Cemerlang 2015





Alhamdulillah.

Selamat untuk Humayra Qurrata Ayni yang baru saja menyelesaikan tahapan sekolah dasar di Sekolah Kebangsaan Sri Pulai Perdana, Kangkar Pulai, Johor.
Humayra meraih 4 gelar Anugerah cemerlang.
Pertama, Anugerah 5A untuk UPSR (macam Ebtanas) dengan nilai A semua untuk 5 mata pelajaran yang diujikan. Yaitu: bahasa Melayu Pemaham, Bahasa Melayu Penulisan, Bahasa inggris, Matematika, dan Science.

Kedua, Humayra juga meraih penghargaan bidang Syakhsiah (apa ini ya artinya?,
Syaksiyah artinya murid yang memiliki kepribadian terpuji.
Penghargaan ini hanya diperoleh 1 orang murid perempuan dan 1 orang murid laki-laki untuk satu sekolah.

Ketiga, Humayra memperoleh nilai tertinggi Bahasa Melayu Pemahaman ('kan orang Melayu Pontianak, hehehe), 

Keempat, Humayra menerima Anugerah tertinggi aliran (dari semua murid kelas 6) di sekolahnya.


Semoga Humayra dapat istiqomah dalam menuntut ilmu.
Dan yang paling penting tingkatkan adab dan akhlaq mulia.
Aamiin yaa Rabbal 'aalamiin.



Senin, Oktober 19, 2015

Buku Baru: "Hijrah Menuju Kemenangan"








AlhamduliLlaahi Rabbil 'aalamiin ...
Di awal tahun 1437 Hijriyah, bulan Muharram yang penuh berkah, Buku bukti terbit HIJRAH MENUJU KEMENANGAN sudah tiba di Johor Bahru.

Buku ini terbitan Sygma, Bandung.
Buku ini merupakan buku seri Rasulullah Teladan Utama dengan 10 judul.
Terima kasih Cikgu Ali Muakir yang telah mengajak dan mempercayai saya untuk menulis buku ini. 
smile emoticon

Thank you Papa Dedy Wicaksono sudah membawakan dari tanah air ^_^
heart emotico

Selasa, Juni 16, 2015

Cinta dalam Skutel Makaroni

Sinar surya hampir sirna. Hembusan angin dingin, menyejukkan kota pahlawan senja itu. Beberapa saat menjelang bedug magrib, aku tertegun menatap meja makan. Ada beberapa gelas es campur, sepiring kurma dan seloyang skutel makaroni. Sejenak, aku menghela napas. Bukan karena makanan yang tersaji tidak menarik seleraku. Tapi, karena ada satu makanan yang mengingatkanku pada belahan jiwaku. Skutel makaroni, nama makanan itu.
Siapa pun pasti tahu, skutel makaroni adalah makanan yang enak dan super lezat. Apalagi dengan taburan keju yang banyak, tambah mantap rasanya. Tapi kali ini, entah mengapa, memandangnya membuatku menjadi sedih.  Iya, skutel makaroni adalah makanan kesukaan suamiku. Skutel makaroni mengingatkan aku padanya. Suamiku yang sedang jauh di negeri Belanda, telah berkali-kali kami tidak melaksanakan Ramadhan bersama.
Allahu Akbar…Allahu Akbar” suara azan terdengar dari mushalla dekat rumahku. Aku, putriku dan kedua mertuaku, duduk mengintari meja makan. Aku membaca doa berbuka. Segera kubatalkan puasa dengan secangkir air putih dan dua biji kurma. Kulihat, putriku dengan lahapnya menghabiskan potongan skutel makaroni di piringnya. Aku hendak beranjak meninggalkan meja makan. Tapi, pertanyaan dari Ibu mertuaku, menghentikan langkahku. “Skutel makaroninya kok nggak dimakan?” tanya Ibu mertuaku. Aku hanya tersenyum. Aku tak ingin mengecewakan Ibu mertuaku. Aku tahu, beliau pasti akan kecewa jika aku tidak memakan skutel makaroni buatannya. Sebelum meninggalkan meja makan, tangan kananku meraih piring jatah skutel untukku. “Aku bawa ke kamar atas ya Mom,“ kataku meminta persetujuan beliau. Beliau mengangguk tanda setuju. Aku berjalan menjauhi meja makan. Kakiku menaiki tangga, menuju kamarku di lantai atas.
Skutel makaroni kuletakkan di atas meja. Selesai berwudhu, aku menenggelamkan diri di sajadah lembutku. Ketika selesai salam dan berdoa, mataku kembali menatap sepiring skutel makaroni di atas meja kecil di dekatku. Aku tertegun sesaat, pikiranku terkenang beberapa tahun yang lalu.

Musim semi bertabur bunga sakura, tahun 2002 , aku membuat skutel makaroni untuk pertama kalinya. Kala itu, aku baru saja menikah. Aku sedang mengikuti suamiku yang menjalani studi master di negeri matahari terbit.  Jujur, semasa gadis, aku belum pernah membuat skutel makaroni. Memakannya mungkin pernah, tapi membuatnya? Belum pernah sama sekali. Setelah menikah, aku baru tahu, ternyata suamiku paling suka makan skutel makaroni. Awalnya, tentu saja aku bingung. Tapi, untunglah sebelum berangkat ke Jepang, Ibu mertuaku telah membekaliku dengan catatan resep skutel makaroni.  Dan aku pun memberanikan diri untuk membuat skutel makaroni dengan bermodal petunjuk dari resep itu.
Skutel makaroni perdanaku, aku buat dengan bahan seadanya. Letak apartemen kami yang jauh dari toko daging halal, membuatku terbiasa masak tanpa daging sapi atau daging ayam. Aku lebih sering membeli seafood. Begitupun, dengan skutel makaroni buatan pertamaku. Aku gunakan udang dan tuna untuk campuran skutel makaroni itu. 
Masih kuingat, betapa skutel makaroni buatanku itu, sangat asin, keras dan hampir gosong. Tapi, hatiku menjadi berbunga-bunga karena suamiku memuji skutel buatanku itu. “ Enak…enaaak” katanya berulang-ulang. Potong, demi potong, skutel makaroni itu habis dilahapnya. Bahkan, tak secuil pun tersisa di loyang. Saat itu, aku bahagia sekali. Walaupun, aku tahu skutel makaroni buatanku tidaklah sempurna. Tapi, aku bahagia karena suamiku sangat menghargai hasil masakanku itu.
Tok…tok…tok “ suara pintu kamarku diketuk. “Ma…Mama” terdengar suara putriku memanggilku. Aku tersadar dari lamunanku. Segera aku buka pintu kamar dan menghampiri putriku. “Ada apa Sayang? tanyaku. “Ada telepon dari Papa,” katanya sambil menarik tanganku untuk mengikutinya. Dengan mukena lengkap, bergegas aku ke lantai bawah. Aku raih gagang telepon yang terletak di atas meja.
Assalamu’alaykum”kataku.
Wa’alaykumsalam warahmatullah wabarakatuh” jawab suara di sana.
Aku terdiam. Suara itu begitu aku rindukan. Suara belahan jiwaku, yang sedang berada di negeri kincir angin. Telah sekian Ramadhan tidak kami lalui bersama. Ini adalah Ramadhan ke tujuh, aku tidak bersamanya.
Lho kok diam? Sakit Ma?“ tanya suamiku di ujung sana.
Alhamdulillah sehat…Papa gimana? Sehat?“ tanyaku.
Alhamdulillah sehat. Sudah buka puasa ya di Indonesia? Selamat buka puasa ya…Buka pake menu apa tadi? “kembali suamiku melontarkan pertanyaan.
Skutel makaroni” jawabku singkat.
Skutel makaroni? Wah enak donk…kirim ke sini donk, Ma!“ kata suamiku sambil bercanda.
Nggak bisa ngirimnyajauuuh! Beli saja di sana“ jawabku serius.
Beli? Bisa saja sih…tapi kan nggak bakalan sama dengan buatan mama” jawab suamiku.
Lagian di belanda, kejunya lebih bervariasi dan lebih enak” kataku meyakinkannya.
Biarpun, kejunya enak, tapi skutel makaroninya tidak bisa menyaingi buatan mama yang super uenak. Pokoknya skutel makaroni buatan mama lebih enak.” tegas suamiku.
Papa ada-ada saja…buatan mama biasa saja” ujarku agak minder.
Benar Ma, buatan mama yang paling papa suka. Karena mama membuatnya dengan penuh cinta. Makanya skutel buatan mama paling enak di lidah papa” jawab suamiku meyakinkanku.
Aku terdiam, tanpa bisa berbicara. Aku menahan rontoknya butiran-butiran bening di ujung mataku. Aku sudah tidak bisa berkonsentrasi lagi dengan percakapan di telepon. Syukurlah, tak lama kemudian, suamiku mengakhiri teleponnya. Dengan tangan gemetar, aku kembalikan gagang telepon ke tempatnya.
Langkahku berat menaiki anak-anak tangga. Aku mengunci diri dalam kamarku. Sekilas mataku menatap sehelai baju kaos batik dan sehelai sarung berwarna coklat, yang tergantung di belakang pintu kamarku. Itu adalah pakaian terakhir yang dipakai suamiku, saat mengunjungiku di liburan musim panas lalu. Aku raih baju dan sarung itu. Masih tercium, aroma badan pemiliknya. Memang, sudah berbulan-bulan baju dan sarung itu tidak aku cuci. Seperti biasa, akan selalu aku dekap, jika merindukan belahan jiwaku itu. Sama seperti perasaanku saat ini,  kupeluk dengan segenap rinduku.  Air mataku mulai rontok satu persatu L.
Pikiranku melayang ke negeri keju. Aku menangkap sesosok tubuh berbadan tegap. Dia duduk tekun, sambil menahan kantuk di antara tumpukan buku-buku tebal dan paper-paper  yang berserakan. Dia bergegas ke dapurnya yang mungil, tempatnya memasak makanan untuk sahur dan berbuka. Aku seharusnya di sana. Aku seharusnya yang menata mejanya agar tetap rapi dan nyaman di pandang mata. Aku yang seharusnya di dapur itu, yang memasakkan skutel makaroni kesukaannya.
Tapi, apalah dayaku ini. Kini aku berada beribu-ribu kilometer jauh darinya. Aku yang berada di belahan bumi yang berbeda darinya. Aku yang tak bisa menjalankan ibadah Ramadhan bersamanya. Aku yang tak bisa menemani hari-harinya. Maafkan aku, suamiku.
Allahu Akbar…Allahu Akbar” kembali suara azan berkumandang dari mushalla dekat rumahku. Tanda waktu Isya telah tiba. Segeraku berwudhu kembali, bersiap menghadap Illahi.
Setelah selesai sholat, dalam dzikir panjangku, aku memohon doa tulus pada-Nya :

” Rabbi, Engkau Yang Maha Pengasih,
Kasihanilah hambamu yang lemah ini,
Hapuskanlah duka hatiku,
Gantilah air mata ini dengan kebahagiaan abadi-Mu.

Wahai Tuhan Yang Maha Kuasa,
Lindungilah suamiku di sana,
Sayangilah dia dengan kasih sayang-Mu,
Mudahkanlah segala urusannya,
Bukakanlah pintu-pintu rezeki bagi kami,
Hapuskanlah segala kesedihan di hati kami,
Permudahkanlah kami untuk berkumpul bersama.  


Aamiin ya Rabbal ‘aalamiin.”


* Kisah ini telah dimuat dalam buku "STORYCAKE FOR RAMADHAN" terbitan Gramedia Pustaka Utama (GPU, 2011).




Senin, April 27, 2015

Manfaat Daun Seledri

[Arsip Kelas senin, 27 April 2015]:  Manfaat Daun Seledri


Assalamu'alaikum wr.wb.

Selamat malam, waktu Johor ^_^

Hai teman-teman sayang,
maaf ya ... kelas Senin kali ini hadir kemalaman.
Saya baru pulang dari tanah air, menjenguk Ibunda yang sempat dirawat di rumah sakit di Pontianak.

Alhamdulillah ... kondisi kesehatan membaik dan hari ini Bunda telah pulang kembali ke rumah.
Pengalaman beberapa hari merawat dan menemani Bunda di rumah sakit, membuat saya ingin berbagi di kelas ini.


Ibunda saya, divonis menderita gangguan ginjal dan hati. Beberap kandungan dalam kedua organ tersebut, di atas normal. Jadi perlu perawatan instensif. Selain mengkonsumsi obat dari dokter, kami mencoba memberi alternatif obat herbal yang diracik sendiri. Salah satunya dengan merebus daun seledri dan memberikan kepada bunda tercinta, walau dengan dosis pemberian yang tidak terlalu sering.

Alhamdulillah ... kini kondisi ginjal dan hati sudah membaik. tekanan darah juga normal, 120/80.
Panas badan normal. Buang air juga lancar. Syukur alhamdulillah ... akhirnya setelah menjalani 1 minggu perawatan di rumah sakit, hari ini Bunda boleh kembali ke rumah kami di Pontianak.

Atas dasar pengalaman ini, saya ingin mencantumkan sebuah artiket hari ini, dengan tema "Manfaat Daun Seledri".

Semoga bermanfaat.

Salam sayang selalu,

wassalam,


Ida


**** *** ****

Kandungan dan Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan


Daun seledri sudah menjadi sahabat bagi ibu rumah tangga yakni sebagai salah satu sayuran penambah aroma masakan atau lebih khusus sering digunakan sebagai penyedap sayur sop. Kandungan vitamin pada daun ini mampu bertahan hingga 80 % setelah dimasak. Namun dibalik itu ternyata daun yang sering disebut sebagai daun sop atau dalam bahasa latinya Apium graveolens ini memiliki banyak manfaat yang mungkin belum banyak diketahui oleh sebagian masyarakat.

Daun seledri mengandung banyak vitamin yakni vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin C, vitamin E dan vitamin K yang dapat digunakan untuk mencegah atau untuk mengobati beberapa penyakit. Kandungan gizi yang terdapat pada daun ini dapat digunakan untuk pencegahan penyakit dengan cara mengkonsumsinya dalam bentuk sayur.

Berikut adalah manfaat daun seledri untuk kesehatan dan penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan mengkonsumsi daun sop ini:
  • Menambah kekebalan tubuh
  • Kandungan multivitamin yang terdapat pada daun seledri berfunsi sebagai antioksidan mampu menambah kekebalan tubuh..
  • Menenangkan saraf
  • kandungan kalsium yang tinggi yang terdapat dalam daun ini di percaya mampu menenangkan saraf.
  • Membantu dalam perbaikan gigi.
  • Mencegah penyakit ginjal,
  • Memperkuat fungsi hati,
  • Melancarkan peredaran darah
  • Menambah nafsu makan
  • Mencegah sembelit,
  • Mencegah asma,
  • Menurunkan tekanan darah,
  • Pencegah anemia,
  • Mencegah obesitas
  • Membantu menjaga kelenturan aktifitas otot.
  • Memperlambat proses penuaan dini

Selain untuk pencegahan penyakit seperti diatas, seledri juga mampu mengobati beberapa penyakit diantaranya adalah masuk angin, mual, diare, tekanan darah tinggi, vertigo, rematik, asam urat, alergi, batuk dll. Selain bisa dikonsumsi langsung dalam bentu sayur, daun seledri juga dapat diolah untuk mengobati penyakitpenyakit tertentu.

Berikut adalah berbagai cara mengolah daun seledri yang dapat digunakan untuk meneyebuhkan peyakit:

Menurunkan berat badan berlebih/obesitas
Olah daun seledri menjadi jus, minumlah sebelum makan. Lakukan cara ini secara rutin hingga berat badan yang ideal terwujud.

Mengobati rematik
Untuk mengobati penyakit ini, daun seledri bisa dijadikan lalapan secara rutin. Tentunya daun seledri harus dalam keadaan bersih dan segar.

Menurunkan tekanan darah tinggi
Untuk mengobati penyakit ini caranya adalah siapkan daun seledri sekaligus sama batang dan akarnya kurang lebih 100 g, cuci ramuan ini hingga bersih terus datumbuk hinnga halus. Tambahkan 100 ml air putih, lalu masak ramuan hhingga matang. Minumlah ramuan ini 2 x sehari

Untuk meredakan batuk
Siapkan seledri lengkap dengan akar dan batangnya yang masih segar dan masih segar, dipotong-potong hingga menjadi bentuk bumbu. Tambahkan 3 gelas air putih lalu dimasak sampai mendidih. Saringlah airnya dan biarkan hingga dingin, lalu tambahkan madu secukupnya. Minumlah ramuan tersebut pagi dan sore atau menurut kebutuhan.

Mengobati mata kering
Siapkan daun seledri, daun bayam dan daun kelor yang masih segar, kira-kira 1/3 genggam, Cuci hingga bersih, Tumbuk sampai halus ramuan yang sudah kita siapkan tersebut, dan jangan lupa dicampur dengan sedikit garam dapur.Tambahkan dengan sedikit air matang kira-kira 1/3 gelas ,Aduk-aduk, kemudian saring dan ambil airnya. Minum air perasan tersebut 3x sehari

Itulah manfaat daun seledri sebagai penyedap dan obat herbal,cara yang mungkin bisa dipakai sebagai obat alternatif untuk mencegah dan mengobati penyakit tersebut diatas. Namun yang paling sederhana adalah dengan mengkonsumsi daun seledri dalam bentuk sayur sehingga dapat dinikmati sekeluarga.

Sumber: http://manfaatbuahdaun.blogspot.com/2014/04/kandungan-dan-manfaat-daun-seledri.html

Senin, April 13, 2015

Manfaat Buah Jambu Biji

[Arsip Kelas Senin, 13 April 2015]


Assalamu'alaikum wr.wb.

Halo teman-teman sayang ...
Alhamdulillah kita jumpa lagi^_^
Semoga semua dalam keadaan baik bersama keluarga tercinta ... aamiin YRA.


Hari ini, tema kita tentang: "Manfaat Buah Jambu Biji"

Ada sebuah artikel yang menarik nih.
Semoga bermanfaat ya^_^

Jika ada yang berkenan sharing terkait tema hari ini, silakan yaa ... makasiiih^_^


Peluk erat dari Johor Bahru,
wassalam,

Ida

*** ** ***

MANFAAT BUAH JAMBU BIJI



Jambu batu, jambu biji, jambu siki atau jambu klutuk adalah tanaman tropis yang berasal dari Meksiko, Karibia, dan Amerika Tengah dan Selatan, disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu batu memiliki buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih atau merah dan berasa asam-manis. Buah jambu batu dikenal mengandung banyak vitamin C. Tanaman ini termasuk familia Myrtaceae. Tumbuh di dataran rendah sampai dataran tinggi 1.200 meter dpl; di tanah gembur sampai tanah liat, terlebih lagi di daerah yang terbuka dan banyak air.

Buah jambu biji sering dimanfaatkan sebagai makanan dalam bentuk buah segar maupun minuman dalam bentuk jus karena mempunyai gizi dan mengandung vitamin A dan vitamin C yang tinggi, dengan kadar gula 8%. Jambu biji mempunyai rasa dan aroma yang khas disebabkan oleh senyawa eugenol.


Nama-nama jambu biji di beberapa daerah Indonesia
  • Banjar : jambu karantukal
  • Jawa : jambu klutuk, jambu krutuk, jhambu bhender, bayawas, tetokal, tokal
  • Maluku : kayawese
  • Nusa Tenggara : kojabas
  • Sumatera : glima breueh, glimeu beru, galiman, masiambu, biawas, jambu biawas, jambu batu
  • Sunda : jambu klutuk

Jenis-jenis Jambu Biji

Seperti dalam laman Warintek Ristek RI pada bahasan Budidaya Jambu Biji, dari sejumlah jenis jambu biji, terdapat beberapa varietas jambu biji yang digemari orang dan dibudidayakan dengan memilih nilai ekonomisnya yang relatif lebih tinggi diantaranya:
  1. Jambu sukun (jambu tanpa biji yang tumbuh secara partenokarpi dan bila tumbuh dekat dengan jambu biji akan cenderung berbiji kembali).
  2. Jambu bangkok (buahnya besar, dagingnya tebal dan sedikit bijinya, rasanya agak hambar). Setelah diadakan percampuran dengan jambu susu rasanya berubah asam-asam manis.
  3. Jambu merah.
  4. Jambu pasar minggu.
  5. Jambu sari.
  6. Jambu apel.
  7. Jambu palembang.
  8. Jambu merah getas.
Dalam Wikipedia bahasa Indonesia disebutkan, beberapa macam/kultivar jambu biji dikenal di Indonesia, sebagian dikenal sejak lama, sebagian merupakan introduksi (didatangkan/dibawa) dari negara lain.
  1. Jambu biji kristal Taiwan
  2. Jambu tanjung barat
  3. Jambu biji getas merah
  4. Jambu australia
  5. Jambu sukun
  6. Jambu bangkok
  7. Jambu Kristal

Kandungan dalam Jambu Biji

Seperti disebutkan dalam Cyber Extension Deptan RI, kandungan setiap 100 gr buah jambu biji meliputi: 49 kal Kalori, 25 SI vitamin A, 0,02 mg vitamin B1, 87 mg vitamin C, 14 mg Kalsium, 12,2 gram Hidrat Arang, 28 mg Fosfor, 1,1 mg Bes, 0,9 mg Protein, 0,3 gram Lemak, dan 86 gram Air (Direktorat Gizi, Departemen Pertanian). Sedangkan  daun jambu biji juga mengandung zat lain kecuali tanin, seperti minyak atsiri, asam ursolat, asam psidiolat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam guajaverin dan vitamin.

Dalam laman Warintek Ristek RI disebutkan, daun jambu biji mengandung tanin, eugenol (minyak asiri), minyak lemak, damar, zat samak, triterpinoid, asam apfel. Sedangkan buahnya mengandung asam amino (triptofan, lisin), kalsium, fosfor, besi, belerang, vitamin A, B1, dan C.

Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan dan Penyakit

Seperti dilansir melalui laman Cyber Extension Deptan dan Warintek Ristek, buah jambu mempaunyai manfaat yang banyak sekali untuk kesehatan atau penyembuhan penyakit. Berikut ini adalah beberapa khasiat jambu biji untuk kesehatan dan penyakit sekaligus cara penggunaaannya:

Versi Warintek Ristek
  1. Diare. (a) Daun jambu biji 30 gr ditambah dengan segenggam tepung beras dan air 1-2 gelas, lalu direbus. Larutan diminum 2 kali sehari; (b) 3 lembar daun jambu biji muda yang segar dikunyah dengan sedikit garam lalu ditelan, lakukan sehari 2 kali; (c) 6 lembar daun jambu biji dicuci bersih lalu ditumbuk sambil diberi 1 cangkir air matang, peras, minum airnya. Cukup untuk diminum 2 kali sehari.
  2. Sakit maag. 8 helai daun jambu biji dicuci, rebus dengan 1,5 liter air. Gunakan untuk minum 3 kali sehari.
  3. Luka. 3 pucuk daun jambu biji dicuci, kunyah sampai lumat. Tempelkan pada luka. Kandungan astringent dapat menghentikan perdarahan.
  4. Sariawan. (a) Segenggam daun jambu biji dan 1 jari kulit batang daun jambu biji dicuci, rebus dengan seliter air, saring. Dinginkan, lalu minum sekaligus; (b) Rebus 1 genggam daun jambu biji segar ditambah 1 jari kulit batangnya dengan 1 liter air, saring, minum 2 kali sehari.
  5. Keputihan. 2 genggam daun jambu biji yang muda dan 7 helai daun sirih dicuci, rebus dengan segelas air, saring. Tunggu agak dingin lalu minum. Cukup untuk diminum 2 kali sehari.
  6. Perut kembung pada anak. 3 helai daun jambu biji, 2 cm kulit batang pulasari, 5 butir adas direbus dengan 1,5 gelas air sampai airnya tinggal setengah, saring. Minum 3 kali sehari. Anak di bawah 3 tahun sesendok makan, di atas 3 tahun 2 sendok makan.
  7. Sakit kulit. Segenggam daun jambu biji muda, 7 kuntum bunga jambu biji dicuci, lumatkan sampai halus. GOsokkan pada kulit yang sakit.
  8. Diabetes. Sebuah jambu biji yang setengah masak dicuci, belah-belah, rebus dengan 1 liter air. Gunakan untuk minum 2 kali sehari.
  9. Beser (sering buang air kecil). 3 pucuk daun jambu biji dicuci, lalap dengan sedikit garam dan merica, makan setiap siang dan malam selama 2 hari.
  10. Luka berdarah atau borok di sekitar tulang. Lumatkan daun jambu biji segar, tempelkan di tempat yang sakit. Lakukan beberapa kali sehari.
  11. Kencing manis. Satu buah jambu biji yang masih mengkal dan dipotong-potong, rebus dengan 3 gelas air hingga tinggal 1 gelas, saring, minum 2 kali sehari.
  12. Ambeien. Daun jambu biji muda atau pucuknya, sebuah pisang batu; keduanya dicuci, lalu ditumbuk. Minum air perasannya. Lakukan setiap hari secara teratur, sampai benar-benar sembuh.
  13. Kembung pada anak-anak. Tiga lembar daun jambu biji yang masih muda dan segar, rebus dengan 2 cangkir air bersama 1/2 jari kuluit batang pulosari dan 5 butir adas, sampai airnya tinggal 1 cangkir, saring, lalu diminum. Untuk anak berumur 3 tahun dapat diberi 3 kali sehari sebanyak 2 sendok makan, sedangkan yang lebih tua diberi 1 cangkir sehari.
Versi Cyber Extension Deptan
  1. Obat Sakit Diabetes Mellitu. Buah jambu biji setengah masak dibelah menjadi empat bagian dan direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Kemudian diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
  2. Obat Sakit Maag. 8 lembar daun jambu biji yang masih segar direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Selanjutnya diminum 3 kali sehari, pagi, siang dan sore.
  3. Sakit Perut (Diare dan Mencret). 5 lembar daun jambu biji, 1 potong akar, kulit dan batangnya direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya. Lalu diminum 2 kali sehari pagi dan sore.
  4. Masuk Angin. 10 lembar daun jambu biji yang masih muda, 1 butir cabai merah, 3 mata buah asam, 1 potong gula kelapa, garam secukupnya direbus bersama dengan 1 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya. Kemudian diminum 2 kali sehari.
  5. Beser Berlebihan (Sering Kencing). 1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 3 sendok bubuk beras yang digoreng tanpa minyak (sangan = Jawa) direbus bersama dengan 2,5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring. Lalu diminum tiap 3 jam sekali 3 sendok makan.
  6. Sakit Prolapsisani (Radang Usus Besar). 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Selanjutnya air ramuan tersebut dalam keadaan masih hangat dipakai untuk mengompres selaput lendir poros usus (pusar) pada bayi.
  7. Sakit Sariawan. 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji. Cara membuat: direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Lalu diminum 2 kali sehari.
  8. Sakit Kulit. 1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 7 kuntum bunga jambu biji ditumbuk bersama-sama sampai halus. Kemudian digunakan untuk menggosok bagian kulit yang sakit.
  9. Obat Luka Baru.  3 pucuk daun jambu biji dikunyah sampai lembut. Selanjutnya ditempelkan pada bagian tubuh yang luka agar tidak mengelurkan darah terus menerus.
  10. Obat Sakit Demam Berdarah. Para penderita yang sudah positif demam berdarah dapat mengkonsumsi buah jambu biji yang berwarna merah. Buah jambu biji merah sekitar 500cc dalam sehari, dapat meningkatkan pertumbuhan trombosit dalam tempo 8 sampai 48 jam. Menurut penelitian rebusan daun jambu biji juga dapat mencegah perkembangan dari virus demam berdarah
Referensi :
  1. cybex.deptan.go.id/penyuluhan/manfaat-jambu-biji-untuk-kesehatan
  2. en.wikipedia.org/wiki/Psidium_guajava
  3. id.wikipedia.org/wiki/Jambu_biji
  4. warintek.ristek.go.id/pangan_kesehatan/tanaman_obat/lipi_pdii/jambubiji.htm
  5. warintek.ristek.go.id/pertanian/jambu_biji.pdf

Sumber: http://penjaskesehatan.blogspot.com/2013/12/manfaat-khasiat-jambu-biji.html

Minggu, April 12, 2015

Testimoni buku "PUZZLE CINTA, Ketika Jodoh Menghampiri"


Yessi Anggraini Bt Muyardi (Johor Bahru)

Cinta adalah salah satu anugerah terindahdariNya. Saat cinta menemukan jodohnya akan hadir berbagai permainan hidup yangmembuatnya terserak dari bingkainya. Agar puzzle cinta bisa tersusun rapi,sempurna, dan indah kembalikanlah ia pada Sang Pemilik Cinta. Temukan kisi-kisiyang dapat membantu kita untuk menyusun puzzle cinta dalam buku: PUZZLE CINTA,KETIKA JODOH MENGHAMPIRI, yang ditulis oleh sahabat baikku di Johor, ibu Ida Fauziah. Kisah-kisah inspiratifnya akan membuka mata kitabahwa mencintai karena cintaNya akan lebih menguatkan. Salam penuh cinta... 



Marina Hayati (Kuala Lumpur)

Ketika jodoh menghampiri, saat itulahkepingan2 yang dulu terserak mulai tersusun rapi dan menemukan tempatnya.Membaca karya ibu Ida Fauziahmemunculkan kenangan 5 tahun lalu.Bertemu, berkumpul dan berjuang bersama meraih ridhoNya. Mengingatkan kembalibahwa dengan si dia hidup tak selamanya indah, tapi indaaah banget. ^^ Ditulissecara apik dan sederhana, disisipi pengalaman pribadi banyak orang, membuatbuku manis ini dekat dengan kehidupan sehari-hari.


AsriWulantini (Balikpapan)
Membaca isi bukuPuzzle Cinta ini, membuat jiwa terbawa dalam ingatan lama. Kala menyambutsebuah masa indah dalam balutan kata "Jodoh". Ahaayyy ..... serunya.Ketika Jodoh Menghampiri memang ramai rasanya laksana Pizza Cinta, ramai pulawarnanya laksana Pelangi Cinta. Demikianlah buku ini disajikan, sangat menarik.Diracik dengan bahasa ringan nan indah oleh ummi Ida Fauziah. Dikemas cantik dalam sampul kuning cerah.Dijamin tak kan bosan dibaca. Buku ini menjadi hadiah ter-istimewa bagi parapengantin dan calon pengantin. Recomended to pengantin baru EmaSyamsiUlinnuhaHammamiyah. Dan calonpengantinUntsaAzizah. Boleh bangetdibaca-baca nih, dan akan menjadi penyemangat tanda kesyukuran. Bahwa TulangRusuk dan Pemiliknya memang TAKKAN pernah Tertukar, Pasti akan berjumpa padamasanya ....





Mishbahul Jannah(Johor Bahru)

Tepatketika Bidadari kecilku melihat dunia, bu Ida Fauziah berkunjung kerumah bersama adik2ku nun sholihah MayFiLa..memberikan salah satu kado special ini - Puzzle Cinta - bahagia banget ketikaseparuh waktu ku habiskan bersama bayi mungil ini, dan separuhnya lagibercengkrama dengan adukan emosi yang berhasil diluahkan dlm buku beliau ini.aahhhh.. jazakillah khoiron katsiiirrr bu ida bukunya sangaattt bermanfaatsekali, hadir ditengah keluarga kecilku yg baru seumur jagung, memberikanbanyak suplemen utk saya dan suami makin kompak satu sama lain, makin salingmendukung, dan yg lebih penting makin banyak belajar dari pengalaman-pengalamanmereka yg sudah lama menjalani lika liku serunya berumah tangga. ^^ highrecomended book ! Sampe suami juga di "paksa" kudu baca bukuini..hihi..


Arnie Syifannisa(Johor Bahru)
Bicara tentang 'jodoh' siapa sih yangnggak cenat-cenut? Yaps, setiap orang pasti mendambakan jodoh terbaik mereka.Lalu bagaimana cara mengukur kadar kesiapan kita ketika akan bertemu denganpasangan puzzle cinta kita? Hmmm, sebuah buku cantik karya bunda Ida Fauziah inisolusinya.
Buku yang mengupas tuntas tentang curhat seru, resep jitu, dan tips inspiratifmewujudkan keluarga sakinah, mawadah, wa rahmah. Dikemas dalam bahasa yangringan, casual, informatif, dan membuat kitapenasaran ingin membuka lagi dan lagi lembar berikutnya saat membacanya.
Recomended buat para jomblo yang sedang tahappencarian dan menginginkan moment special saat bertemu dengan belahan hatinya.
Colek sayang sahabat sholihahku ukhtina Rahayu Uswatun Khasanapg,IstiQomah An NajmTitis PurwasihKha Nurochwati MuuttNur Ima ValentinOzy Dewi Patimah Yuukk....buruan susun puzzle cintakamu lewat buku ini.


Yulianti(Pasir Gudang, Johor)
Jazakillah umi Ida Fauziah ataspeluang untuk menyempatkan dan meluahkan testimoni saya
Untuk puzzle cinta
Ketika jodoh menghampiri
Terinspiratif dan terkotivasi sekali
Dari kisah inspiratifnya resep jitu tatkala jodoh menghampiri
Ingin sekali mewujudkan keluarga sakinah mawadahwarahmah dan dakwah
Dari lanjutan puzzle jodoh , dan keluar buku ketikajodoh menghampiri lebih menyakinkan dan memantapkan untuk membangun pernikahanyang langgeng dan bahagia,sangat termotivasi juga bagi saya yang sedang menantijodoh,dan ketika jodoh menghampiri sudah datang.serta kiat-kiat mempersiapkanbekal lengkap menuju pernikahan,alhamdullilah dapat ilmunya dari sini,danmenikah adalah impian semua orang.setelah banyak membaca buku ini perasaanketika jodoh menghampiri bisa terkontrol dan ditanggapi dengan kiat-kiat jitudari buku ini,mudah-mudahan termotivasi juga buat yang lain yang mengalamiperasaan yang sama ketika jodoh menghampiri.barakallah semoga ilmunya barokah

FebrinaHaryani (Tangerang)
Jalanmenemukan jodoh bermacam-macam. Apapun proses nya, itu adalah episode berhargadalam hidup. Setiap kejadian pasti membawa hikmah. Buku ini mengisahkanperjalanan para pencari jodoh dengan segala lika-likunya.
Colek sayang teman-teman SP 6 mbakSa Frida, mbakHenny Fitriati Moment JakartabundaMelati Hutagaol,mbakSuci Shofia danmbakMake Up Lucy Tabrin
Terima kasih untuk penulis cikguIda Fauziah, bukunya sangat bermanfaat untukpara jomblo...

SariAgustia (Jerman)
Kenapasaya bisa menulis Love Fate? Salah satunya dari kepiawaian mba mentor Ida Fauziah inimerangkai kata di bukunya...udah baca belum?


Lia Nur Aini(Surabaya)
Menyusun sebuah Puzzle Cinta tak serumit yg dipikirkan, hanyadengan trik 'doa' dan tips 'sabar' dan 'perbaiki diri', maka akan menggerakkanhati lebih jernih dan menjadi bening disekeliling. Tak perlu mengumbar keluhdan kehebatan yg belum tentu jadi. Cukup pelajari trik dan tips tentang cintayg telah dirangkum apik oleh bunda Ida Fauziah. Semoga hanya hati dan Yang membuatnya saja ygtahu, hingga jodoh itu bertemu.
Selamat untuk saudariku yg telah menemukanpasangan puzzlenya untukNuhaNahla dan AilaCayla, kabarnya pula Hitta Alfi Muhimmah akan menyusul. Dan yang telah bersatu ShintaAr-dintaNitaRejekiAl-abyanCynk Cynk, dan iis. Untukmereka yg sedang berjuang-termasuk saya,hhe-Siska EviandhaMamluatusSa'diyahFaizah KhanHelmyNur Indah Sari, dan TriWahyu Hidayati, tetap semangat. 


Rosdiana Ramli(Swedia)
Buku yang bercover hati dengan dasar kuning ini dirangkumsangat cantik oleh pemiliknya, kalimatnya sederhana, namun manfaatnya sangatdahsyat untuk kebaikan rumah tangga yang mendambakan keharmonisan dalamberkeluarga. Oleh sebab itu, buku ini wajib dimiliki setiap kekuarga.
Colek pemiliknya Ida Fauziah
Colek teman-teman masa kecilku Nur Fachmi Nilda Nadya Muchtar Wiwiek Soekendro Ella Lionita Agustina Zubair yuk belibuku ini karna di dalamnya ada sekelumit kisah kehidupan keluargaku kalianpasti suka membaca aksara demi aksara yang ada di dalamnya dikemas dalam bahasasederhana namun memberi kesan yang penuh makna


UmmuFaari’ AR (Makassar)
Buku cerdas yang membantu pembacamenyempurnakan rangkaian puzzle cintanya dalam hidup ini! (DheeAR)