Minggu, September 28, 2008

Kartu Lebaran ala MayFiLa

Di penghujung bulan Ramadan yang sangat dicintai ini...Bermodalkan bahan2 yang sangat sederhana, kertas origami warna warni 12 lembar, alumunium foil dibentuk 2 bintang dan 2 hati, pita merah buat membuat bunga mawar, spidol buat nulis dan lem buat nempel. Mayra dan Fitri semangat nempel bahan2 tersebut di kertas gambar ukuran A5. Labibah nggak banyak berperan, cuma udah hebat karena udah nggak ngacak2 hasil karya yg lagi dibuat. Mayra yang nulis sendiri kata-katanya pake pensil dulu baru diperjelas dengan spidol. Akhirnya jadi deh kartu Lebaran karya bersama.

Kayaknya yang terpenting makna dibalik kartu yang dibuat sendiri ini...Dari Hati yang paling dalam, Untuk semua Saudara, sahabat dan teman2 yang ada di seluruh penjuru dunia, Kami ingin mengucapkan SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN.

Senin, September 15, 2008

MayFiLa bertanya....????

Selama Ramadan ini, selalu banyak hal-hal yang ingin diketahui oleh MayFiLa. terkadang gaya bertanya-nya itu kok ya mirip kayak lagu Bimbo ( Masih ingat lagu Bimbo dengan lirik..." Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya?....Buat apa berlapar-lapar puasa...dst...). Cuma bedanya MayFiLa tidak bertanya pada Bapaknya tapi pada Mamanya....

Pertanyaannya pun kadang lucu-lucu dan mamanya kadang harus tersenyum geli mendengarnya..., kayak begini nih....

Fitri : " Ma, Puasa itu apa sih???

Mama : " Puasa artinya tidak makan dan tidak minum dari terbit fajar (subuh) sampai terbenam matahari (magrib)."

Labibah : "Kalo mimik susu boleh khan Mama?

Mama : "Mimik susukan sama aza dengan minum...berarti nggak boleh donk.."

Mayra : "Kenapa kita harus puasa Mama? Khan lapar nggak makan dan haus nggak minum seharian??

Mama : " Puasa mengajarkan kita untuk merasakan rasa lapar yang sering dialami saudara-saudara kita yang tidak mampu, sehingga kita bisa menyayangi mereka. Selain itu, saat puasa alat-alat penggiling makanan (pencernaan) di perut kita bisa istirahat, sehingga racun2 tubuh bisa dibuang dan tubuh kita bisa tambah sehat.

Mayra : "Kenapa kalo kita puasa masih bisa buang air besar ?? ( oh ya...menurut Mayra puasa berarti perut kosong...tapi kok saat dia puasa masih bisa buang air besar?)

Mama : " Karena saat malam dan sahur khan kita makan...trus makanan tersebut sudah diproses dalam tubuh dan masih ada sisanya yang di simpan dalam perut berupa kotoran. Jadi saat pagi atau siang hari, walaupun kita puasa kita tetap bisa buang air besar yang merupakan sisa makanan kita saat malam atau sahur tadi."

Mayra : Ooooo...gitu ya Ma?? Mbak Mayra kira-in kotorannya diisi ama malaikat Allah...

Aduh ada-ada aza anak mama ini....

Minggu, September 14, 2008

Kolase milik Fitri



Saat Agustus-an yang lalu fitri juga ikut Lomba membuat Kolase. Memang tidak menang, tapi mama tetap bangga kok sama hasil karya kolase Fitri, sangat simpel dan bahannya juga sederhana. Ini karena Fitri sangat senang hal yang praktis dan yang pasti tidak betah berlama-lama jika mengerjakan sesuatu...hihihihi...
Fitri memberi judul kolasenya Matahari Indonesia. Gambar matahari bundarnya dibuat dari mangkok bekas sereal yang langsung diletakkan di kertas putih dan dijiplak. untuk bendera di buat dari bentuk kotak bekas sabun mandi yang persegi panjang. Warna merah bendera dari kertas origami warna merah. Putih bendera dari sobekan kapas. Sekeliling bendera, untuk menggambarkan warna kuning matahari, Fitri menaburkan remahan mie instant. sedangkan untuk sinar matahari dibuat dari tempelan korek api. Untuk tulisan Indonesia Jaya terbuat dari susunan kacang hijau. Walau karya Fitri nggak menang seperti milik Mbak Mayra, Fitri tetap senang karena tetap dapat hadiah dari mama...berkarya terus ya Sayangku...

Sabtu, September 13, 2008

Mayra Berpuasa


Alhamdulillah, hari ini Mayra bisa ikut berpuasa sehari penuh. Sebelumnya Mayra juga pernah berpuasa sehari penuh pada tahun lalu. Memang hanya 1 hari dalam bulan Ramadan yang jumlahnya 30 hari. Sebelumnya Mayra berpuasa mengikuti pola puasa adik2nya, Fitri dan Labibah yaitu buka puasa sekitar jam 9 atau jam 10 pagi. Tapi Hari ini Mayra memang berniat ingin puasa sampe Magrib. Selain itu juga menjaga sholat 5 waktunya di hari ini, karena menurut Mayra jika puasa tanpa melakukan sholat ntar puasanya nggak diterima Allah. Makanya setiap mendengar azan, Mayra langsung wudhu dan segera menggelar sajadah di samping Mama. Berpuasa bagi Mayra juga pasti ada hikmah tersendiri....Mayra jadi mengerti dan dapat merasakan laparnya orang miskin yang selalu kekurangan makanan. Dampaknya langsung lho...Saat azan Magrib, ketika kami berbuka puasa,Fitri berusaha membuang makanannya yang tidak habis dengan alasan kenyang. Mama melihat Mayra dengan spontan memberitahu adiknya untuk menghabiskan makanan tersebut, "Nggak boleh dibuang, Orang miskin lho lapar karena tidak ada makanan, masak Fitri nggak mau makan makanan yang udah ada di tangan? kata Mayra dengan serius. Alhamdulillah berdampak positif juga puasa yang dijalani Mayra hari ini....paling tidak Mayra sekarang lebih mengerti mengapa selama ini Mama dan Papanya selalu meminta mereka untuk tidak membuang makanan. Oh ya, tadi Mayra juga baru selesai chatting ama Papa Dedy...Insya Allah Mayra juga akan dapat hadiah dari Papa karena bisa berpuasa sehari penuh di hari ini.

Senin, September 08, 2008

Hore...Aku jadi pemenang....

Beberapa waktu yang lalu, Mayra mengikuti Lomba membuat Kolase untuk anak umur di bawah 6 tahun. Kegiatan ini diadakan oleh klub Sinau, Komunitas Homeschooling yang kami ikuti, dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus lalu. Mayra membuat kolase dari berbagai macam bahan, ada pita kain, kapas, batang korek api, biji kacang hijau, biji lengkeng, biji merica hitam, kertas alumunium foil bekas susu serta serbuk ketumbar. Kolasenya Mayra kasi judul : Impian Anak Indonesia. Menceritakan keadaan yang diinginkan dan diimpikan anak-anak Indonesia saat ini yaitu Indonesia menjadi negara yang makmur dengan segala sumber daya yang dimiliki ( dilambangkan dengan banyaknya bahan-bahan khas Indonesia yang digunakan pada pembuatan kolase, seperti rempah-rempah dll). Selain itu, pada saat ini anak Indonesia juga menginginkan Pendidikan yang berkualitas dengan dilandasi kasih sayang (dilambangkan atap sekolah dari merica agar ada kehangatan dalam dunia pendidikan) dengan biaya yang terjangkau dan anak Indonesia akan lebih bahagia lagi ( Ini benar-benar masih mimpi ) jika pendidikan dapat diperoleh dengan Gratis.

Alhamdulillah, hari ini karya Kolase Mayra diumumkan sebagai Pemenang Pertama. Sudah pasti Mayra sangat senang sekali. Dan pasti Mayra akan tambah semangat untuk berkarya dan berkarya lagi....( biasalah si Mayra kalo udah ada karyanya yang dipuji pasti deh semangatnya nambah 1000%...hihihihihi...).