Rabu, Agustus 17, 2011

Tantangan Hari ke-17 sampai hari ke-20: Aku Cinta Indonesia

Hari kemerdekaan RI, MayFiLa ikutan even "Aku Cinta Indonesia". Sebenarnya tidak hanya di hari ini mereka mewujudkan cintanya untuk negeri tercinta. Walau nggak berada di tanah air, mereka tetap punya keterikatan dengan bumi Indonesia. Tetap tertarik untuk belajar budaya Indonesia. Tetap bangga jadi anak Indonesia.

Mereka tetap berempati untuk membantu saudara dan teman-teman yang berada di Indonesia. Semoga kelak dewasa, mereka tumbuh jadi anak Indonesia yang dapat mengharumkan nama bangsa di mata dunia. Aamiin YRA.

Hari selanjutnya, hari ke-18 dan ke-19, MayFiLa tetap semangat menjalankan ibadah Ramadhan walau tanpa memetik permen lagi. Buah permennya sudah habis nih....

Kemudian di hari ke-20, bertepatan dengan hari ulang tahun Papa Dedy, MayFiLa memberikan kejutan untuk papanya. Mereka membantu membereskan ruangan kerja papa. Lihatlah betapa bahagianya mereka dapat melihat Papa Dedy tersenyum senang .

Senin, Agustus 15, 2011

Tantangan Hari ke-15 : Drawing

Seru, asyik dan rame kalo MayFiLa lagi menggambar.
Banyak gambar hati yang melambangkan cinta dibuat berwarna-warni.
Membuat karya mereka juga penuh warna dan menjadi cerah ceria bagai pelangi.
Ini nih hasilnya, nggak usah dibandingkan punya siapa yang paling keren. Yang pasti semuanya happy.

Minggu, Agustus 14, 2011

Tantangan Hari ke-14 : Saving for Sharing

Hari ini, hari yang ditunggu oleh MayFiLa.
Sejak lebih 7 bulan lalu, Kami sekeluarga mempunyai program "Menabung untuk berbagi ". Bermodal kotak bekas biskuit, kami jadikan kotak tabungan. MayFiLa, Mama dan Papa, boleh menabung di kota itu. Kapanpun dan berapa pun jumlah uangnya.

Alhamdulillah, hari ini kotak itu telah penuh dan MayFiLa dengan semangat menghitung uang yang ada di kotak itu. Ajang ini sekaligus ajang belajar bagi MayFiLa, mengklasifikasikan uang berdasarkan nilai mata uang. Ada uang kertas 10 ringgit, 5 ringgit dan 1 ringgit. Ada juga uang logam 50 sen, 20 sen, 10 sen dan 5 sen. Kemudian dihitung jumlah semuanya.

InsyaAllah, saat pulang kampung, uang ini akan digunakan untuk membantu para tukang Becak yang selalu jadi rekan " Jum'at Berbagi" di Homeschooling MayFiLa di Surabaya. Semoga Allah mudahkan kami untuk bertemu mereka kembali. Aamiin.

Sabtu, Agustus 13, 2011

Tantangan Hari ke-13 : Happy with New Friends

Alhamdulillah, hari ini banyak teman baru yang dijumpai MayFiLa.
Pertama, kenalan dengan baby boy " Faridh" yang cakep dan bikin gemes.
Selanjutnya, MayFiLa bertemu Kakak-kakak dan Abang-abang di acara "Pesantren Kilat". Senang dan seru bisa bermain dan berkarya bersama mereka. Mereka bermain pesan berantai dan membangun istana bersama.

Kemudian, ke kampus Papa Dedy. MayFiLa mulai tanya macam-macam yg ingin diketahui. Dengan memakai jas lab milik Papa, Mayra berpose bak seorang dokter. Di depan poster hasil penelitian Papa, mereka bergaya sebagai seorang peneliti. Tawa penuh ceria...hehehe...Ya ampun gayanya, serasa udah gede aja .

Jumat, Agustus 12, 2011

Tantangan Hari ke-12 : Cooking Class, Roti Cane

Hari ini, menu pilihan jatuh pada Roti Cane. Seperti biasa, kami akan menyimpang jauh dari tahapan pembuatan pada resep. Jadi, ini membuatnya pake gaya kami sendiri. Nggak masalah, yang penting Halal, enak, tanpa MSG dan yang pasti mengenyangkan...hehehe .

Fitri dengan semangat membantu mengupas bawang, walaupun sambil usap-usap mata, kayak mau nangis. Sedangkan Labibah, sempat colet-colet, nggak sabar pengen segera mencicipi roti cane yg lezat.

Mayra juga tersenyum sangat lebar, melihat hasil masakan hari ini. Alhamdulillah, hari ini adalah hari ke-12, Mayra berpuasa penuh sampai Maghrib. Semoga besok juga masih penuh semangat lagi ya .

Kamis, Agustus 11, 2011

Tantangan Hari ke-10 dan ke-11

Memasuki hari ke10 dan ke-11 Ramadhan, Mayra berhasil berhasil puasa sampai maghrib. Alhamdulillah. Pada hari ke-10, MayFiLa bermain di halaman depan rumah. Sambil menunggu Papa pulang dari kampus, Mayra menyiram tanaman, dibantu oleh Dek Labibah.
Sedangkan Fitri bermain hula hop. Dek Labibah juga minta diajari sama Mba Fitri, dengan penuh canda, mereka bermain hula hop bersama.

Pada hari ke-11, MayFiLa mengadakan acara "Storytelling". Cerita disampaikan oleh semuanya, secara bersahutan dan dengan gaya khas masing-masing. Mayra memerankan tokoh Bear. Labibah dengan tokoh Rabbit. Sedangkan Fitri menjadi tokoh pemain hula hop .

Senangnya kalo lihat MayFiLa lagi bermain dan bercanda bersama.

Selasa, Agustus 09, 2011

Tantangan Hari ke-9 : "Why Do We Yawn?"

Hari ini, MayFiLa membahas " Mengapa kita menguap?"

Alat belajar menggunakan video dan penjelasan teori-teori di internet.
Proses diskusi didampingi oleh Papa Dedy.
Kesimpulan yang didapat : Kita menguap karena kurangnya kadar oksigen dalam otak. Menguap merupakan proses penangkapan oksigen secara cepat dan banyak dengan disertai pelepasan CO2 dari tubuh.

MayFiLa sangat semangat membahas topik ini. Bahkan mereka ikut menirukan gaya menguap yang super gede .

Senin, Agustus 08, 2011

Tantangan Hari ke-8 : Learning Science, Mathematics and Mandarin



Alhamdulillah , Memasuki hari ke-8 Ramadan. Mayra berhasil menyelesaikan puasanya sampai maghrib. Suatu rekor baru bagi Mayra. Tahun lalu, Mayra hanya sanggup berpuasa 6 hari. Semoga tahun ini bisa full sampai akhir Ramadan. Aamiin.


Hari ini, MayFiLa melakukan kegiatan yang berbeda. Selera dan minat subjek belajarnya juga beda. Mayra memilih belajar science tentang siklus air pada tumbuhan. Dia menggunakan literatur yang dipakai untuk grade 3, dalam versi bahasa Inggris. Sedangkan Fitri memilih belajar Matematika, dengan fokus pengukuran panjang dalam cm dan inci. Fitri juga menggunakan literatur dalam bahasa Inggris untuk grade 2. Berbeda dengan Labibah, dia lebih memilih belajar menulis bahasa Mandarin. Dengan penuh semangat, dia berhasil menulis kata "kakak" dalam versi mandarin setengah halaman bukunya .


Subhanallah, bahagianya melihat tiga gadis cilik belajar dengan cara yang berbeda dan subjek ilmu yang berbeda. Dan tentu saja dengan ciri khas masing-masing. Semoga terus tetap semangat ya, Nak!




Minggu, Agustus 07, 2011

Tantangan Hari ke-7 : Learning The Ears

Hari ke-7 ini, Alhamdulillah Mayra masih bisa bertahan buka puasa sampai maghrib. Kegiatan MayFiLa hari ini lebih banyak bersama Papa Dedy. Topik pembicaraan beberapa hari ini, seputar tubuh manusia. Akhirnya, jatuhlah pilihan untuk membahas tentang bagian dari telinga dan fungsinya.

MayFiLa antusias sekali. Alat belajar dengan menggunakan buku ensiklopedi " Human Body" yang papa hadiahkan buat mereka. Papa menjadi tutor yang siap menjawab pertanyaan kritis dari MayFiLa. Senangnya lihat mereka belajar penuh semangat .

Sabtu, Agustus 06, 2011

Tantangan Hari ke-6 : Math Time

Pagi ini, Labibah belajar penjumlahan dan pengurangan dengan Papa. Fitri belajar bilangan puluhan menggunakan coin uang ringgit. Sore hari, MayFila belajar belanja di " Pasar Tani ala Malaysia".

Suasana hiruk-pikuk terdengar di segala penjuru pasar. Teriakan-teriakan yang mirip kayak di film Upin dan Ipin juga selalu terdengar.
" Tiga, seringgit..."
""Tiga, seringgit.."
Wuiiiiiih ramenya .

"

Jumat, Agustus 05, 2011

Tantangan Hari ke-5

Wah sudah memasuki hari ke-5 Ramadan. Mayra masih bertahan puasa sampai bedug maghrib. Tetap semangat ya, Sayangku. Sedangkan Fitri dan Labibah juga bertahan puasa sampai bedug zuhur .

Pada hari ini, kami mengadakan Cooking Class. Menu yang dipilih semuanya menggunakan kentang. Pilihan jatuh pada menu Skutel kentang dan Gado-gado banyak kentang . Mayra dan Fitri semangat banget mengupas dan memotong kentang. Dek Labibah nggak ikut karena lagi nggak enak badan.

Alhamdulillah, hasil masakannya uenak dan memuaskan. Buktinya, perut terasa kenyang dan langsung ludes saat buka puasa .

Ok, tetap semangat untuk belajar besok lagi ya .

Rabu, Agustus 03, 2011

Tantangan Hari ke-3 dan ke-4

Alhamdulillah, sudah memasuki hari ke-3 puasa, berarti juga hari ke-3 ajang Tantangan 30 hari klub Oase. Pada hari ke-3, Mayra berhasil menyelesaikan puasanya sampai maghrib. Walaupun, sampe teler hehehe, menahan lapar dan panas karena memang cuaca lagi panas.

Dalam kondisi tersebut, mama menceritakan itulah salah satu hukmah dari puasa. Kita bisa merasakan rasa lapar yang biasanya selalu dirasakan oleh saudara-saudara kita yang miskin karena tidak mampu membeli makanan.

Pada hari ini, MayFiLa membuat huruf Hijjaiyyah dengan menggunakan kertas warna-warni. Proses pembuatan yang lumayan lama, membuat mereka capek dan terlelap dengan nyaman .

Akhirnya pada hari ke-4, baru deh huruf-huruf Hijjaiyyah yang dibuat tersebut, dijadikan alat untuk belajar. MayFiLa bermain tebak huruf Hijjaiyah. Bahagianya melihat mereka menjawab dengan semangat. Wah kayaknya dengan membuat dan menulis sendiri kartu Hijjaiyah, proses belajar jadi lebih asyik, menarik dan memuaskan .

Yuk besok semangat belajar lagi .

Selasa, Agustus 02, 2011

Tantangan Hari Ke-2

Alhamdulillah. Ramadan sudah memasuki hari kedua. Mayra berpuasa sampai maghrib pada dua hari ini. Fitri dan Labibah ikut puasa sampai jam 12 siang. MayFiLa tetap ikut tarawih berjama'ah. Mayra bisa full mengikuti 23 raka'at. Sedangkan Fitri dan Labibah masih bolong-bolong. Kalo capek duduk istirahat, trus kalo hilang capek, ikut lagi deh .

Sesuai dengan rencana awal, bagi siap yang ikut sahur, berpuasa dan ikut tarawih, boleh memetik sebuah permen di pohon permen Ramadan. Alhamdulillah, malam ini, MayFiLa panen permen. Wajah ceria tetap tampak di muka mereka.

Yuk semangat , lanjut besok lagi ya .