Kamis, Mei 24, 2012

Surat Kontrak GPU

Alhamdulillah...Puji syukur kepada Allah yang telah memberi segala kenikmatan.

Pada awal bulan Rajab ini, mama mendapat surat kontak GPU untuk penerbitan buku solo perdana yang mama tulis.

Tentu ada rasa campur aduk di dalam dada. Antara rasa gembira dan rasa haru. Allah begitu menyayangi mama sehingga bisa mewujudkan salah satu tujuan dalam hidup, yaitu berusaha mengikuti sunah Rasulullah SAW, belajar untuk menyampaikan nilai kebaikan Islam walau hanya satu ayat.

Syukurlillah...dengan setitik ilmu yang mama peroleh dari sharing para guru dan pengalaman para sahabat, maka buku solo ini dapat ditulis dan diselesaikan.

Buku ini dengan tema "Perjodohan dalam Islam".

Semoga bermanfaat bagi mama sendiri sebagai penulis, bagi teman-teman yang menjadi kontributor dan bagi para pembaca, khususnya yang sedang menanti jodoh. Aamiin.

Semoga Allah mudahkan dan lancarkan untuk segera terbit dan beredar di toko buku Gramedia di seluruh Indonesia. Aamiin Ya Rabbal 'Aalamiin.

Rabu, Mei 23, 2012

Insya Allah

Suatu saat, kami (Mama dan MayFiLa) diskusi tentang kata "insya Allah".

Mayra: "Kenapa kita harus mengucapkan kata insya Allah? Trus untuk siapa saja kita boleh mengucapkannya?

Fitri: "Biasanya kalo kita berjanji mau datang ke suatu acara, trus kita bilang insya Allah, eh malah diketawakan...seperti ketawa meremehkan atau mengejek...dikira kita nggak serius mau datang. Jadi gimana dong?"

Labibah: "Bolehkan kita mengucapkan insya Allah kepada teman kita yang bukan muslim?

Ok, setelah dihujani pertanyaan dari MayFiLa, mama coba jawab untuk mewakili semua pertanyaan ya .

Kata Insya Allah berarti dengan izin Allah atau dengan restu dari Allah. Ini maknanya kita sangat percaya dan meyakini akan segala kekuatan Allah. Kita yakin hanya atas kehendak dan izin Allah semua berlaku di alam semesta ini.

Jadi jika kita berjanji trus kita mengucapkan kata insya Allah, maka kita tidaklah tergolong orang yang sombong. Kenapa sombong? Tentu saja bisa tergolong sombong jika kita telah mendahului kehendak Allah. Bagaimana jika kita sakit pada saat waktu yang telah kita janjikan tersebut? Makanya ucapkanlah insya Allah. Semua akan berlaku atas kehendak Allah.

Jika ada teman kita yang menertawakan atau mengejek, kita diamkan saja. Jangan diladeni atau jangan dimarahi. Maklumi saja, kita berbaik sangka saja samanya. Mungkin dia belum tahu atau belum mengerti makna sebenarnya dari kata insya Allah.

Kita dapat mengucapkan kata insya Allah kepada semua orang, termasuk kepada teman-teman kita yang bukan muslim.

So, kalo membuat janji, jangan takut mengucapkan kata insya Allah ya.

Selasa, Mei 22, 2012

Cara Mendapat Bayi Laki-laki

Beberapa hari lalu, mama posting tentang adik laki-laki. Alhamdulillah dapat saran dari teman yang baik hati, Ummi2f. Beliau memberi link yang dapat dipercaya. Berikut linknya:

http://www.go4healthylife.com/articles/700/1/Cara-Mendapatkan-Bayi-Laki-laki/Page1.html

Siang ini, MayFiLa diskusi lagi tentang dedek baby boy.

Fitri cerita kalo dia mimpi dedek bayi udah lahir. Trus katanya mama hanya sayang dedek bayi dan menjadikan MayFiLa bak pembantu, disuruh macam-macam, mulai buang sampah, menyapu, dan lain-lain. (Aih sereeem amat mimpinya).

Mayra lain lagi, mimpi di-pipis-in sama dedek bayi (Wuaaaa...).

Labibah lebih aneh lagi, mimpinya punya adek cewek, trus mama hanya sayang dedek bayi sedangkan dia dimarahin mama melulu (wkwkwk...sadis amat sih)

Nah...jadi mama harus mikir lagi mau usaha menghadirkan dedek buat MayFiLa.

Ada saran?

Senin, Mei 21, 2012

Ketika Mama Sakit

Hari ini mama lagi tidak enak badan. Sejak pagi MayFiLa jadi anak yang manis banget, bantu membereskan rumah, mengangkat pakaian,mengambilkan air minum dan memijit badan mama.

Setelah Magrib, papa pulang dari kampus, MayFiLa sudah selesai ngaji.

Papa kemudian membacakan kisah nabi buat MayFiLa.

Selepas Isya, Mayra dan Fitri langsung bobok.
Labibah masih menemani mama. Papa juga ada di samping mama, sambil mengoreksi hasil Quis para student.

Saat mau bobok, Labibah bilang,"Aku sayang banget sama mama."

Dia menunjukkan sebuah buku yang dibuatnya sendiri, berisi gambar-gambar kartun "mama dan dia" yang dibuatnya sendiri.

Bagus banget

Mama akhirnya bisa tertidur nyenyak setelah dipijit sama papa.

Terima kasih ya, MayFiLa dan Papa.

Mohon doa agar mama lekas sembuh ya

Minggu, Mei 20, 2012

Adik Laki-laki

Teman-teman yang baik,
Hari ini ada ada satu pertanyaan yang mungkin bisa teman-teman jawab jika punya pengalaman.
Beberapa hari ini, MayFiLa keukeh membicarakan pendapat mereka tentang sosok seorang adik.
Mayra: "Aku ingin punya adik laki-laki, nanti bisa kuajak main bola dan membuat robot."
Fitri: "Aku ingin puny adik perempuan. Abis kalo adiknya laki-laki, ntar kalo aku lagi nonton kartun barbie atau kartun anak perempuan, nanti remotenya direbut sama adik dan diubah ke acara Ben 10, Sepak Bola dan lain-lain yang berbau acara anak laki-laki. Huuuuu sebeeel...aku nggak mau adik laki-laki."
Labibah: "Aku tidak mau punya adik. Ntar Papa nggak sayang aku lagi...hanya mau main sama adik terus, gendong adik terus...hiks..hiks...hiks"
Papa: Kalo Papa mau punya anak laki-laki, biar bisa diajak ke Masjid, bisa diajak berenang (Karena di kolam renang kampus UTM jadwal berenang laki-laki dan perempuan beda, jadi kalo mau berenang Papa sendiri aja, kalo mama bisa berempat dengan MayFiLa), diajak jalan-jalan dan lain-lain deh."
Mama: "Wah pada heboh mau punya adik...tapi gimana cara agar dapat adik laki-laki?"
Adakah yang bisa membantu menjawab, dengan Tips dan mungkin link yang bisa dipercaya.
Terima kasih buat yang sudi membaca dan memberi komentar .

Jumat, Mei 18, 2012

Presiden Indonesia

Hari ini mama sedang menyelesaikan pesanan tulisan. Sembari memasak dan mengerjakan pekerjaan rumah, sesekali mama duduk untuk mengedit naskah tersebut.
Fitri membuka file yang mama tulis.
Kemudian dia bertanya, "Ma, kalo Ibu Kartini lahirnya lebih dulu ya dibanding presiden Indonesia?"
Mendapat pertanyaan baru yang mendadak begitu, mama menghela napas sejenak.
Selanjutnya dengan tersenyum mama jawab, "Iya, Ibu Kartini lahirnya duluan."
Merasa tidak puas Fitri mulai tanya macam-macam tentang presiden Indonesia.
Akhirnya biar semua jadi jelas, mama ajak Fitri untuk melihat daftar presiden Indoensia.
Daftar Presiden Indonesia
Urutan
Nama Presiden
Masa Jabatan


Dr. Ir. Soekarno

18 Agustus 1945
sampai
12 Maret 1967


Jendral TNI H. M. Soeharto

29 Maret 1968
sampai
21 Mei 1998


Prof. Dr. Ing. BJ. Habibie

21 Mei 1998
sampai
20 Oktober 1999


K.H. Abdurrahman Wahid
(Gus Dur)

20 Oktober 1999
sampai
23 Juli 2001


Megawati Soekarno Putri

23 Juli 2001
sampai
2004

                        Dr. Susilo Bambang Yudhoyono                      2004
                                                                                                               sampai
                                                                                                                2014

Kamis, Mei 17, 2012

Kenapa Cemburu?

Rasa cemburu bukan hanya identik dengan pasangan pria dan wanita lho.
Anak kecil juga bisa cemburu...itu terbukti pada MayFiLa.

Hari ini, saat tidur siang, MayFiLa minta tidur di kamar mama.

Trus juga maunya tidur berempat (MayFiLa + Mama) di satu kasur.

Alhmdulillah sebenarnya tempat tidur mama masih cukup untuk bobok berempat.

Cuma yang membuat suasana siang tadi jadi heboh...karena MayFiLa semuanya mau bobok bersebelahan langsung dengan mama.

Hmmmm...khan hanya ada sisi kiri dan kanan...berarti hanya 2 anak yang bisa bersisian langsung dengan mama. Sedangkan 1 lagi harus mengalah...eh nggak ada yang mau mengalah.

Heboh...penuh argumen...penuh teriakan histeris.

Jadilah acara pengantar bobok siang sebagai ajang adu pendapat.

"Aku anak paling kecil, jadi harus dekat sama Mama," kata Labibah.

"Aku juga masih kecil, aku mau disayang Mama juga," kata Fitri.

"Hu...hu...hu...aku anak paling besar, tapi jangan disuruh ngalah terus. Aku juga sayang banget sama Mama. Sayangku lebih banyak dibanding Fitri dan Labibah. Sejak aku lahir, aku sudah sayang Mama, " kata Mayra.

"Sudah...sudah...Mama sayang semuanya. Sini berbaring berdempetan agar semua bisa dekat mama, " ujar mama menenangkan suasana.

Alhamdulillah MayFiLa mau tenang, kami pun tidur dengan berjejer rapi seperti ikan sardin.

Syukurlah AC sudah di-setting dengan suhu lebih rendah. Sehingga MayFiLa bisa bobok nyenyak banget dan bangun sudah dengan kepala dingin.

Rabu, Mei 16, 2012

Kenapa Malaikat Jibril Ingkar Janji?

Pada suatu hari, malaikat Jibril mengatakan akan mendatangi Rasulullah SAW.
Lalu Rasulullah bersiap-siap menyambut kedatangan Malaikat Jibril.

Setelah menunggu begitu lama, ternyata malaikat Jibril belum juga datang.
Rasulullah lalu berkata," Allah dan Rasul-Nya tidak pernah mengingkari janji."

Setelah mangatakan kalimat tersebut, secara tidak sengaja Rasulullah melihat seekor anak anjing di pojok rumahnya.
Beliau lalu bertanya, "Wahai Aisyah, sejak kapan anak anjing itu berada di situ"

Aisyah RA menjawab, "Aku tidak tahu sejak kapan anak anjing itu di situ."

Kemudian Rasulullah mengusir anak anjing itu.

Tak lama setelah anak anjing itu pergi, maka datanglah malaikat Jibril.

Rasulullah lalu bertanya kepada malaikat Jibril, "Kenapa engkau datang tidak sesuai dengan janjimu?"

Malaikat Jibril lalu menjawab,"Kami para malaikat tidak akan masuk ke sebuah rumah yang terdapat anjing, patung-patung binatang dan gambar-gambar."

Hikmah cerita:

Sesungguhnya malaikat Jibril tidak ingkar janji,tapi malaikat Jibril saat itu tidak bisa masuk ke rumah Rasulullah karena ada anak anjing di sana.

Catatan mama:
Jadi MayFiLa yakin nih, kenapa Islam melarang memelihara anjing
Selain karena pada liur anjing banyak mengandung kuman dan bibit penyakit, juga karena jika ada anjing dalam rumah maka malaikat akan enggan datang ke rumah kita.
So, selucu apa pun anjing, tetap nggak boleh dijadikan peliharaan