Jumat, Desember 31, 2010

Labibah Doyan makan

Alhamdulillah...Mama senang sekali karena sejak tinggal di sini, Labibah jadi sangat doyan makan. Dulu di Surabaya maunya hanya susu, makan sup merah atau sup kentang. Di sini sudah mau makan nasi 3 kali sehari, dengan lauk yang mulai beragam, sudah suka udang, teri goreng, telur atau ayam. Bahkan juga suka nggak sabar menunggu makanan yang di atas kompor . Seperti saat mama masak makaroni skutel, Labibah bolak-balik ke dapur memastikan apakah sudah siap disantap. Ketika sudah matang, Alhamdulilah makannya lahap, bahkan pake acara nambah 2 kali...hehehe...Sueneng rasanya lihat pipinya tambah montok .

Kangen Eyang


MayFiLa suka sedih jika kangen sama Eyangti dan Eyangkung di Surabaya. Biasanya mereka telpon Eyang-eyang ...sampe lamaaaa.... Seperti malam ini, MayFiLa kangen eyang, eh ternyata di Surabaya, Eyang-eyang juga lagi kangeeeen rupanya...Eits jadi ingat pengen tunjukkan ke Eyang-eyang foto-foto MayFiLa saat baru mendarat di Changi-Singapore...Walau berwajah capek banget, MayFiLa masih mau di foto karena memang sudah janji mau tunjukkan foto tersebut ke Eyang-eyang...Semoga Eyang-eyang senang bisa lihat foto ini ya...MayFiLa kangen Eyang...





Bermain di Taman








Hiburan murah meriah yang paling MayFiLa suka adalah bermain di taman. Alhamdulillah di sini tamannya lumayan luas, fasilitas bermain lumayan lengkap, ada ayunan, seluncuran, bandulan dan lain-lain. Selain itu ada banyak juga tanaman putri malu yang merupakan tanaman favorit MayFiLa. Mereka akan menyentuh dan melihat reaksi tanaman tersebut yang secara spontan akan menguncup.





Dan yang lebih asyik lagi, tamannya dekat banget, hanya 10 meter dari gerbang rumah...alias tamannya ada di depan rumah kami...Alhamdulillah...nggak perlu ke mall untuk bermain...hehehe







MayFiLa di UTM

Adakalanya jika kerjaan sangat banyak, Papa Dedy tetap ke kampus pada hari Sabtu atau Minggu. MayFiLa nggak mau ketinggalan, seringkali juga diajak "ngantor" sampe sore. Tentu saja "disela" ke masjid kampus UTM untuk sholat berjama'ah.

Biasanya, sebelum memulai kerja, Papa menyempatkan untuk bermain dulu dengan MayFiLa. Selagi Papa sibuk bekerja, MayFiLa dibolehkan membaca koleksi buku-buku milik Papa. Macam-macam yang bisa mereka lihat dan baca, walau mungkin belum paham sepenuhnya, tapi mereka sangat tertarik terutama dengan buku-buku yang menampilkan foto-foto yang menarik.

Terutama buku yang berhubungan dengan penyakit dan organ tubuh manusia, maklum Papanya riset berhubungan dengan bidang Biomedical, jadi lumayan banyak koleksi buku yang berhubungan dengan ilmu kedokteran.

Senangnya lihat MayFiLa semangat banget membedah isi buku-buku tersebut, walau masih pake bahasa sederhana yang mudah mereka mengerti. Terus semangat ya MayFiLa Sayang....

Selasa, November 30, 2010

Jadi Juara



Akhir oktober bulan lalu, FUN2LEARN EDUCATION CENTRE mengadakan serangkaian lomba. Mayra ikut perlombaan Spelling. Dari 20 soal yang ditanyakan, Mayra menjawab benar 19 buah. Sedangkan yang 1 buah kurang sempurna jawabannya. Saat diumumkan, Mayra keluar sebagai juara pertama. Alhamdulillah, Mayra senang sekali. Apalagi saat dapat hadiah...wuiih senyumnya lebar sekali.

International student



Mayra dan Fitri melanjutkan belajar di Fun2Learn Education Centre. Pusat studi yang amat mereka sukai. Di sini menerapkan sistem seperti Homeschooling, setiap anak materi belajarnya berbeda-beda, disesuaikan dengan kemampuan masing-masing untuk menerima materi pembelajaran. Kurikulum mengikuti cambridge. Mayra dan Fitri yang sudah terbiasa ikut kegiatan Homeschooling di Indonesia, dengan mudah bisa menyesuaikan diri di sini.

Teman-teman Mayra dan Fitri sangat beragam. Ada yang dari Cina, Arab saudi, Iran, Irak, Mesir, Pakistan, Bangladesh, Maroko, Filiphina dan Indonesia. English sebagai bahasa yang dipakai di sini. Alhamdulillah Mayra dan Fitri sudah mulai menggunakan English sepanjang hari. Semoga tambah lancar dan tambah rajin belajarnya...Aamiin...

Idul Adha di Malaysia



Untuk pertama kali, kami sekeluarga merayakan Idul Adha di Malaysia. Sebenarnya tidak terlalu jauh beda dengan tradisi berhari raya di Pontianak...cuma di sini kami masih merasa sepiii...Maklum "orang baru" di sini . Syukurlah tetangga kami yang suaminya orang Pakistan dan istrinya orang melayu, mengundang kami untuk bersantap setelah sholat Id. Alhamdulillah dapat makan ketupat ala Kelantan dan Roti khas Pakistan.

Oiya, di rumah tersebut, kami juga dapat kenalan baru. Ada beberapa orang saudara mereka yang datang dari Kedah, kelantan dan Singapore. Alhamdulillah bertambah lagi teman dan kenalan di sini... Dan MayFiLa pun tidak ketinggalan dapat teman baru...tapi cowok semua...hehehe, sempat mama abadikan juga saat mereka bermain...lucu banget 3 anak cewek bermain bareng 3 anak cowok...seru....

Trus, saat hari Idul Adha ini, Papa Dedy juga pake baju telok belanga, khas Malaysia bagian selatan...Gimana, Keren khan? udah mirip pangeran melayu ...hehehe...

Happy Birthday Fitri





Tanggal 26 November 2010, tepat 6 tahun usia Fitri. Alhamdulillah sudah tambah pintar, tambah berani, tambah lahap makannya dan tambah cantik. Semoga terus bertambah baik ya Nak...Menjadi pribadi sholihah yang bermanfaat bagi semua orang...Aamiin...

Di hari ultah Fitri ini, Mama senang banget karena walau hanya bisa membuatkan kue tart yang sederhana, tapi Fitri begitu gembira dengan kue tart yang dia hias sesuai keinginanya sendiri. Sedangkan dari Papa, Fitri mendapat hadiah sebuah teleskop beneran..."Untuk melihat benda langit " Kata MayFiLa...hahaha...

Happy Birthday Fitri... Always happy



Rumah Kami



Alhamdulillah, di tempat yang baru, kami dapat beradaptasi dengan cepat. Lingkungan kompleks perumahan yang kami tinggali sekarang memang sangat beragam. Patutlah jika negara ini memakai semboyan " Malaysia Truly Asia ". Tetangga sebelah kiri rumah kami adalah orang India. Sebelah kanan, orang Cina berkewarganegaraan Singapore. Tetangga belakang rumah, orang Melayu Malaysia. Tetangga depan, ada yang orang Pakistan, orang keturunan arab dan orang Melayu. Sungguh beragam ya .

Suasana kompleks ini sangat tenang saat pagi sampai sore hari, karena penghuninya banyak yang bekerja di lokasi yang agak jauh dan baru pulang menjelang malam. Jika berjalan di pagi hari...suasana sangat lengang dan amat sejuk dan fresh udaranya. Kontur tanah yang berbukit, menambah teduh mata memandang sekeliling lingkungan sini yang hijau.

Tidak jauh dari rumah ada taman bermain anak-anak. Di seberang jalan ada surau yang cukup besar. Ada juga Danau buatan ( tasik ), sebagai tempat rekreasi penghuni kompleks sini. MayFiLa pun tak ketinggalan bermain di sana . Jadi walaupun rumah ini agak jauh dari pusat kota, kami tetap mensyukuri bisa tinggal di sini. Semoga suatu saat bisa dapat tempat tinggal yang lebih baik lagi...Aamiin...







Kamis, November 25, 2010

Pindah ke Johor bahru

Sudah lama rasanya tidak menulis di sini. Sejak akhir Juli, Papa Dedy sudah pindah kerja dari TU Delft, Netherlands ke UTM, Johor- Malaysia. Awal Agustus 2010, Mama dan MayFiLa berlibur ke Pontianak. Meninggalkan kota Pahlawan yang penuh kenangan, kemudian menikmati suasana Ramadhan sebulan penuh di kota Khatulistiwa yang tercinta .

Awal September 2010,
Papa Dedy datang. Kami "bersibuk" mengurus visa di konsulat jendral kerajaan Malaysia yang ada di Pontianak. Alhamdulillah, berbekal undangan dari universitas tempat Papa bekerja, urusan visa lancar. Hanya sekitar 1,5 jam saja. Lega rasanya sudah ada visa di tangan. Syukur ya Rabbi...

Tanggal 10 September 2010,
Kami merayakan Idul Fitri bersama. Iya, kumpul bersama secara utuh ...ada Papa Dedy, Mama Ida, MayFiLa, Nek Ani dan keluarga besar di Pontianak. Suatu momen yang jarang kami alami selama Papa Dedy bertugas di Belanda. Semoga kebersamaan ini selalu di ridhoi-Nya dan membawa barakah selamanya hingga akhirat kelak...Aamiin...

Tanggal 19 September 2010
Kami pindah ke Johor. Di bandara Supadio, Nek Ani, Om Yudi , dek Nabil dan Tante Nia mengantar kami menaiki pesawat Batavia, tujuan Singapura. Alhamdulillah penerbangan begitu lancar. Cuaca sangat bagus. Mulus mendarat di Changi, Singapura. Proses transit dan pemeriksaan imigrasi juga lancar. Kami melanjutkan perjalanan memasuki wilayah malaysia barat.

Menjelang Maghrib,
Kami tiba di UTM ( Universiti Teknologi Malaysia), lokasi tempat kerja. Kami mampir di Guest House sesaat. Berkenalan dengan Mak Cik Emmy dan 4 orang anaknya.
Menjelang Isya,
Kami tiba di rumah Papa. Subhanallah...Papa sudah menyiapkan kamar bagus untuk MayfiLa. Mereka senaaaaang sekali.

Alhamdulillah, hari-hari pertama di Johor kami lalui dengan suka cita. Berkenalan dengan para tetangga dan mulai adaptasi dengan lingkungan baru. Bagi Mama mungkin tidak terlalu sulit, karena memang sudah ada darah dan logat melayu nih. MayFiLa step by step mulai belajar memahami bahasa melayu Malaysia yang memang banyak beda juga dengan melayu Pontianak.

Semoga di hari-hari berikutnya kami bisa lebih akrab dengan lingkungan di sini. Semoga Allah selalu melindungi langkah-langkah kami....Aamiin.

Selasa, Oktober 26, 2010

Online Lagi

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu'alaikum,
Apa kabar teman-teman semua?
Wah lama sekali rasanya tidak meluncur ke dunia maya. Emmm kayaknya sudah hampir 3 bulan nggak online... Alhamdulillah hari ini bisa mulai online lagi :)
Banyak rasanya cerita-cerita yang ingin di tulis di sini. Begitu indah dan sangat menakjubkan perjalanan dan pengalaman 3 bulan terakhir ini yang mama alami bersama MayFila dan Papanya. Tapi mungkin belum bisa di tulis hari ini. Insya Allah jika ada waktu dan kesempatan akan segera mama posting di sini. Hari ini cukup ini dulu deh, MayFiLa sudah siap mau bobok siang nih... Sampai jumpa lagi.

Jumat, Juli 02, 2010

Sederhana tapi Lezat







Alhamdulillah Jum'at pagi ini, MayFiLa bisa melakukan cooking class di Rumah Ilmu bersama teman-temannya. Menu kali ini sangat sederhana tapi sangat disuka semua. apalagi kalo bukan Kentang Goreng buatan sendiri :)

Wuiiih senangnya lihat MayFila dan teman-teman sangat menikmati kelezatan kentang goreng hasil kegiatan hari ini. Sungguh kesederhanaan yang penuh kelezatan ^_^

Fitri Pentas Tari







Akhir Juni, Fitri terpilih untuk ikut pentas tari di acara perpisahan taman pendidikan Wachid Hasyim Surabaya. Fitri semangat banget, saat tampil gerakannya juga lincah dan luwes. Memang berbakat dan tertarik sekali Fitri sama tarian riang seperti itu. Musik yang mengiringi juga lagu anak-anak yang rancak. Judul lagunya macan Ompong, liriknya lucu dan ritmenya cepat. Sehingga cocok sekali dengan gerak tari ceria yang dibawakan Fitri dan teman-temannya. Oiya, kali ini Fitri pentas tari juga ditonton Roha , Dek Labibah dan Mbak Mayra. Makanya tampil di pentas jadi tambah semangaaaat :))