Senin, September 15, 2008

MayFiLa bertanya....????

Selama Ramadan ini, selalu banyak hal-hal yang ingin diketahui oleh MayFiLa. terkadang gaya bertanya-nya itu kok ya mirip kayak lagu Bimbo ( Masih ingat lagu Bimbo dengan lirik..." Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya?....Buat apa berlapar-lapar puasa...dst...). Cuma bedanya MayFiLa tidak bertanya pada Bapaknya tapi pada Mamanya....

Pertanyaannya pun kadang lucu-lucu dan mamanya kadang harus tersenyum geli mendengarnya..., kayak begini nih....

Fitri : " Ma, Puasa itu apa sih???

Mama : " Puasa artinya tidak makan dan tidak minum dari terbit fajar (subuh) sampai terbenam matahari (magrib)."

Labibah : "Kalo mimik susu boleh khan Mama?

Mama : "Mimik susukan sama aza dengan minum...berarti nggak boleh donk.."

Mayra : "Kenapa kita harus puasa Mama? Khan lapar nggak makan dan haus nggak minum seharian??

Mama : " Puasa mengajarkan kita untuk merasakan rasa lapar yang sering dialami saudara-saudara kita yang tidak mampu, sehingga kita bisa menyayangi mereka. Selain itu, saat puasa alat-alat penggiling makanan (pencernaan) di perut kita bisa istirahat, sehingga racun2 tubuh bisa dibuang dan tubuh kita bisa tambah sehat.

Mayra : "Kenapa kalo kita puasa masih bisa buang air besar ?? ( oh ya...menurut Mayra puasa berarti perut kosong...tapi kok saat dia puasa masih bisa buang air besar?)

Mama : " Karena saat malam dan sahur khan kita makan...trus makanan tersebut sudah diproses dalam tubuh dan masih ada sisanya yang di simpan dalam perut berupa kotoran. Jadi saat pagi atau siang hari, walaupun kita puasa kita tetap bisa buang air besar yang merupakan sisa makanan kita saat malam atau sahur tadi."

Mayra : Ooooo...gitu ya Ma?? Mbak Mayra kira-in kotorannya diisi ama malaikat Allah...

Aduh ada-ada aza anak mama ini....

Tidak ada komentar: