Selasa, Agustus 25, 2020

5 Kesalahan Fatal Saat Kirim Email

 

http://marketingland.com

Anda sering mengirim email? 

Salah satu teknologi komunikasi yang umum digunakan saat ini adalah lewat email. Kita bisa berbagi banyak hal dengan menggunakan email.

Email adalah singkatan dari kata Electronic Mail.  Istilah Electronic Mail apabila disingkat yaitu menjadi email, seperti dilansir dari organisasi.org (23/01/2013).

Email dapat menghubungkan kita dengan siapa saja yang terhubung di internet di seluruh dunia. Dengan email ini, data dikirim secara elektronik sehingga sampai tujuan dengan sangat cepat dan gratis. Email bisa digunakan untuk berlangganan informasi atau artikel atau news tertentu secara periodik.

Selain itu, email bisa mengirimkan kepada lebih dari satu orang saat bersamaan. Tentu saja menghemat waktu dan tenaga. Intinya, Email dapat dipergunakan untuk mempermudah komunikasi dengan orang yang ada di belahan dunia manapun.

www.dreamstime.com

Dilansir dari fungsiklopedia.com (11/06/2015), fungsi email adalah sebagai sarana untuk mengirimkan atau menerima surat melalui jalur komputer dan internet. Data yang bisa dilampirkan dalam email tersebut berupa data digital seperti dokumen, musik, video dan gambar, software, dan data-data digital lainnya.

Tetapi ada beberapa kesalahan fatal yang biasa dilakukan saat mengirim email, antara lain:

1.      Salah alamat email

Ini fatal sekali. Tentu saja jika Anda salah menulis alamat email yang menjadi tujuan maka email yang Anda tulis tidak sampai ke tujuan. Nah, bisa saja sampai ke orang  lain alias salah alamat.

2.      Tidak tepat menulis judul atau subjek email

Jika Anda mengirim suatu email yang penting, pastikan judul atau subjek email sudah tertulis dengan benar. Jangan sampai salah menulis judul atau subjek email. Apalagi sampai mengosongkan atau tidak memberi judul atau subjek email. Ini kesalahan fatal. Bisa jadi urusan penting Anda menjadi berantakan hanya karena salah menulis judul email.

3.      Tanpa kalimat pengantar

Poin ini yang mungkin banyak dilakukan para pengirim email. Hindari kebiasaan buruk ini. Jika Anda mengirim file atau data digital lewat email, cobalah untuk menulis kalimat pengantar pada email tersebut. Lakukan dan tulislah walaupun hanya satu kalimat saja. Biar penerima tahu tujuan Anda mengirim email. Penerima juga tidak bingung dan jengkel menerima email kosong tersebut.

4.      Lupa menyertakan file atau data yang ingin dikirim

Poin ini lebih fatal lagi. Email dikirim tanpa menyertakan file atau data digital yang harusnya disertakan sebagai attachment. Penerima email tentu saja tidak dapat menerima data penting yang ingin Anda kirim.

5.      Mengirim berulang kali

Poin ini mungkin dianggap sepele. Tapi jika Anda berurusan secara resmi atau formal, usahakan tidak mengirim email yang sama berulang kali. Selain membuat kesal penerima juga bisa jadi mengganggu pihak penerima email.

http://askbobrankin.com

Demikianlah 5 kesalahan fatal ketika mengirim email. Bagaimana dengan Anda? Telitilah saat mengirim email! Semoga Anda tidak mengalami 5 hal di atas.


Tidak ada komentar: