Selasa, Februari 03, 2015

Manfaat Tempe Mentah untuk Kesehatan Jantung

[Arsip Kelas Senin, 2 Februari 2015]


Assalamu'alaikum wr.wb.

Teman-teman sayang, semoga sehat senantiasa bersama kkeluarga tercinta. Aamiin.

Hari ini, tema kita tentang TEMPE.

Silakan jika ada yang ingin berbagi pengalaman atau link yang bremanfaat.
Pada kesempatan ini, saya posting sebuah artikel yang terkait tema kita.

Semoga bermanfaat^_^

Salam sayang selalu,
wassalam,

Ida

**** ** ****


Manfaat Tempe untuk Jantung

Ada banyak kasus penyakit yang menimpa masyarakat di sekitar kita, seperti penyakit jantung yang sudah dijelaskan oleh beberapa ahli kesehatan. Model pengobatan bisa berupa pengobatan secara medis dengan obat-obatan kimiawi, adapula yang memakai cara-cara tradisional yang banyak dimanfaatkan oleh para ahli pengobatan tradisional. Kadang ada pula yang menggunakan pengobatan akupuntur maupun akupresure yang tentu saja memiliki beragam kelebihan maupun kekurangan.


Dari beberapa macam pengobatan tentu saja mereka menggunakan berbagai produk olahan obat, baik diolah secara modern maupun secara tradisional berupa racikan. Sehingga diharapkan dengan jenis pengobatan tersebut setiap pasien yang berobat dapat sembuh secara total atau paling tidak mengurangi gejala-gejala yang ditimbulkan.


Namun, saat ini ada pula tekhnik pengobatan yang sepertinya tidak lazim dilakukan, yakni dengan menggunakan media tempe mentah ternyata dapat mengurangi bahkan menyembuhkan penyakit jantung.
Penggunaan tempe mentah, meskipun tidak lazim mengkonsumsi tempe yang belum diolah, pada mulanya dikenalkan oleh salah satu masyarakat di Lampung Timur, sebut saja bu Tri  karena setiap hari mengalami jantung berdebar, tekanan darah selalu tinggi. Otomatis jika ini terjadi, emosi seringkali tidak terkendali. Karena emosi tidak terkendali menyulut pula pertengkaran dengan anggota keluarga lainnya. Untung saja pasangannya menyadari akan keluhan yang dialami oleh istrinya.


Mungkin sudah waktunya apa yang dikeluhkan mendapatkan pertolongan, karena sekian lama menderita penyakit jantung tiba-tiba ada seseorang yang memperkenalkan media tempe mentah sebagai cara untuk mengurangi gangguan jantung. Kira-kira akhir tahun 2011 tak dinyana keluhan yang telah dirasakan bertahun-tahun mulai menunjukkan kesembuhan.


Tentu saja kesehatan jantung yang dirasakan Ny. Tri sengaja ingin membagikannya kepada orang lain. Dan mulai saat itu banyak orang yang mengkonsumsi tempe mentah (belum dimasak) sebagai alternatif pengobatan alami.
Keluhan penyakit jantung memang seringkali terjadi oleh orang-orang yang memang mempunyai masalah dengan jantungnya. Menurut medis penyakit jantung dapat disebabkan karena kondisi jantung yang memang sejak dari lahir tidak dalam kondisi sehat. Namun, ada pula awalnya kondisi jantung sehat, karena pengaruh konsumsi makanan yang salah juga mempengaruhi kesehatan jantung. Adapula karena kurangnya aktivitas yang memungkinkan jantung bekerja secara stabil sehingga kesehatannya menjadi terjaga.


Jika mengamati keluhan penyakit jantung yang dialami Ny. Tri, awalnya berasal dari pola makan yang kurang sehat sehingga keluhan yang awalnya ringan semakin bertambah buruk.
Menurut ahli medis, beberapa makanan yang dikategorikan penyebab penyakit jantung adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung kolestorel tinggi, mengkonsumsi gula, dan berlebih-lebihan mengkonsumsi karbohidrat (biasanya terdapat dalam nasi) sehingga dengan mengkonsumsi beberapa makanan tersebut terjadi penimbunan lemak pada pembuluh darah, lambat-laun pembuluh darah akan tersumbat. Dan apabila penyumbatan ini terjadi maka secara otomatis aliran darah menuju ke jantung pun ikut terhenti. Pada saat inilah jantung akan berhenti berdetak jika tidak segera mendapat pertolongan maka penderitanya akan mengalami kematian.


Selain makanan di atas, mengkonsumsi air es di saat menikmati makanan panas atau ketika berolahraga juga dapat memicu serangan jantung. Selain itu, tentu saja merokok tidak luput menjadi salah satu penyebab penyakit jantung.
Kemudian, seberapa hubungannya mengkonsumsi tempe mentah dengan proses penyembuhan penyakit jantung?
Berdasarkan proses pembuatannya, tempe mentah merupakan sumber makanan yang dihasilkan dari kedelai yang direbus kemudian difermentasi dengan bantuan ragi tempe. Karena faktor pertumbuhan jamur dari ragi tersebut, jadilah kedelai yang kita olah menjadi tempe.


Lalu berdasarkan penelitian tentang kandungan zat gizi dalam tempe (dalam hal ini juga kandungan dalam kedelai yang belum diolah) mengandung beberapa unsur protein dan zat-zat yang turut membantu memprebaiki proses perbaikan sel-sel tubuh. Tempe kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi serta berbagai macam kandungan dalam tempe mempunyai nilai obat, seperti antibiotika untuk menyembuhkan infeksi dan antioksidan pencegah penyakit degeneratif.


Selain beberapa kandungan dalam tempe, termasuk di dalamnya kedelai sebagai bahan utama pembuat tempe mengandung isoflavon yaitu membantu dalam mengurangi kolesterol LDL (kolesterol “jahat”) serta penurunan kemungkinan pembekuan darah. Hal ini pada gilirannya, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Penelitian menunjukkan, konsumsi susu yang mengandung 25 gram protein kedelai selama sembilan minggu mengakibatkan penurunan 5% kolesterol LDL rata-rata.


Oleh karena itu, dengan memanfaatkan tempe mentah dalam arti tempe yang belum diolah dan dilakukan secara rutin akan mengurangi bahkan mencegah gejala penyakit jantung dan tentu saja menyehatkan tubuh kita. Karena mengkonsumsi tempe yang belum diolah akan lebih baik daripada susu kedelai olahan karena di dalam susu kedelai olahan sudah mengandung kadar gula yang tinggi dan pengaruh bahan kimia pengawet yang tentu saja akan sangat berbahaya bagi tubuh kita, apalagi bagi pengidap gejala penyakit jantung yang akan mempersulit proses penyembuhannya.

Referensi:
http://health.kompas.com/read/2011/07/13/15145479/8.Manfaat.Kedelai.Bagi.Kesehatan
http://id.wikipedia.org/wiki/Tempe
Sumber: http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2013/10/23/manfaat-tempe-mentah-bagi-jantung-601666.html



Tidak ada komentar: