Selasa, Januari 27, 2015

Jurus Jitu Mengatasi Bau Amis Ikan

[Arsip Kelas Senin, 26 Januari 2015]


Assalamu'alaikum wr.wb.

Selamat pagi, siang, malam^_^

Teman-teman sayang, apa kabar?
Semoga dalam kondisi sehat dan sejahtera^_^
Jika ada yang sakit, semoga diringankan sakitnya dan diberi kesembuhan. Aamiin YRA.

Pada artikel minggu lalu, Kak Diana ada komentar tentang amis ikan Salmon.
Hari ini, kita coba angkat sebuah artikel dari koran Republika.
Semoga bisa jadi solusi dari permasalahan yang dialami Kak Diana.

Semoga bermanfaat buat semua^_^

Oiya, jika ada yang punya pengalaman atau menemukan link yang terkait tema hari ini, silakan dicantumkan di kolom komentar yaa ... terima kasih ^_^

salam sayang selalu,

wasslam,

Ida

*** ** ***

Jurus Jitu Mengantisipasi Bau Amis Ikan
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian besar masyarakat Indonesia menyukai menu olahan ikan. Alasan utama mengkonsumsi ikan sangat bagus pada masa pertumbuhan karena mengandung protein tinggi dan mudah dicerna. Makanya ikan disebut sebagai makanan kecerdasan.
Selenium—sejenis mineral -- yang teterkandung  didalam tubuh ikan bekerjasama dengan dengan vitamin E akan berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh kita. Disamping itu  juga berfungsi untuk mempertahankan elastisitas jaringan.
Jika kita kekurangan zat ini dalam tubuh, kemungkinan besar  premature aging akan menimpa, keadaan dimana seseorang kelihatan lebih tua dari umurnya. Jadi jika anda ingin awet muda konsumsi lah ikan secara teratur.
Tapi bagi sebagian orang menolak mengkonsumsi ikan dengan berbagai alasan seperti bau amis dan banyaknya tulang-tulang halus dalam daging ikan sehingga orang malas untuk menikmatinya.
Bagaimana  caranya agar orang tidak dengan mudah menolak makanan yang kaya gizi ini ?  Susah susah gampang sepertinya, namun untuk mengantisipasi bau amis pada ikan, mari kita coba gunakan  jurus jitu berikut :
1. Gunakan Garam dan Air Jeruk
Perlakuan standar, cucilah ikan di air mengalir. Bilaslah ikan dengan bersih sampai ke sela-sela terdalam karena ada kotoran hitam yang terdapat  dibawah kepala ikan tersebut yang menjadi  sumber bau amis.

Setelah ikan bersih, lumuri dengan garam dan tambahkan  air jeruk nipis/jeruk lemon, olesi sampai rata.  Untuk 1 kg ikan laut dibutuhkan 3-4 sdm air jeruk lemon . Sementara untuk ikan airtawar dibutuhkan 2 sdm air jeruk. Setelah itu ikan dicuci kembali . Lakukan hal yang sama sebanyak 3 kali. Terakhir, setelah dilumuri  garam dan jeruk nipis diamkan selama 20 menit , lalu dicuci bersih lagi sebelum diolah.

Penggunaan garam bertujuan agar minyak ikan yang berbau amis yang masih menempel dapat keluar melalui bantuan garam.  Apabila Anda penderita darah tinggi atau sedang menjalani diet rendah garam, pemakaian garam dapat dihilangkan. Penggunaan air jeruk lemon disamping menghilangkan bau amis juga berfungsi menurunkan   kadar asin  yang dikandung ikan disamping itu juga agar ikan masih dalam kondisi segar saat memasaknya

2. Sabun anti bakteri
Lakukan pencucian standar seperti pada poin pertama. Setelah itu ikan di cuci menggunakan sabun anti bakteri . Kelebihannya menggunakan sabun anti bakteri,  ikan tidak cepat membusuk  dan terlindung dari bakteri .

3. Cuka
Setelah ikan dicuci bersih, rendamlah  dengan air cuka selama 30 menit sebelum diolah. Cairan cuka menjaga agar ikan tidak bebrbau amis pada masa tunggu sebelum dimasak

4. Asam Jawa
Setalah ikan dicuci bersih, rendam ikan dengan air asam jawa pekat selama lebih kurang 1 jam. Setelah itu dibilas kembali dan ikan siap digunakan

5. Tepung terigu
Terigu selama ini hanya kita kenal sebagai bahan utama pembuatan cake dan kue kecil . Rupanya terigu bisa menghilangkan bau amis juga . Cuci bersih ikan lalu baluri dengan tepung terigu, diamkan selama 20 menit. Setelah itu cuci bersih. Ulangi cara ini sampai 3 kali.  Cara begini  tidak terlalu populer karena dinilai agak boros dan mahal.

6.    Daun serai dan asam jawa
Remas daun serai dan asam jawa  lalu  balurkan pada ikan  yang sudah dicuci bersih, diamkan selama 20 menit setelah itu cuci bersih kembali sebelum di olah.

7.    Jahe dan bawang putih
Untuk menghilangkan bau amis, ikan yang sudah dibersihkan direbus sebentar dengan potongan jahe. Atau dengan cara kedua, bawang putih dan jahe dirajang halus. Lalu lumuri  ikan dengan ranjangan ini sampai ke sisi ikan yang terdalam. Tunggu sekitar 15 menit setelah itu ikan dibersihkan kembali

8.    Gula pasir
Cara yang paling simpel adalah dengan menaburkan ikan dengan gula pasir. Diamkan sebentar dan setalah itu cuci bersih. Ikan siap untuk diolah sesuai dengan selera.

9.    Mentimun
Untuk jenis belut, cumi dan gurita penggunaan mentimun bisa lebih maksimal untuk menghilangkan bau amis . Bersihkan belut, cumi ataupun gurita sampai bersih setelah itu beri  parutan buah mentimun sembari di remas-remas. Diamkan sekitar  20 menit. Setelah itu dicuci lagi sampai bersih dan siap untuk diolah sesuai keinginan.

10.     Susu segar
Barangkali  cara ini jarang dilakukan, namun penggunaan susu segar bisa membantu menghilangkan bau amis pada ikan. Rendamlah  ikan selama 15-20 menit dengan susu segar sehingaa bau amis berkurang . Setelah itu cuci bersih . Seperti halnya tepung terigu, cara ini juga dinilai mahal, sehingga tak begitu dikenal.

11.    Tisu Dapur
Selain cara diatas, untuk lebih menyakinkan  apakah ikan yang dicuci benar-benar tak berbau amis, gunakan tisu dapur untuk menyerap/mengeringkan air yang berbau yang  menempel pada ikan.

Sumber: http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/kuliner/14/04/28/n4qziz-hilangkan-amis-ikan-dengan-cara-ini

Tidak ada komentar: