Jumat, Juni 29, 2018

3 Tips Ampuh agar Buah Jambu Tidak Berulat

 

Sumber: ptnasa.net

Apakah Anda mempunyai pohon jambu di pekarangan rumah? Terkadang ada yang mengalami buah jambu berulat sehingga mudah busuk sebelum dipanen. Apakah Anda mengalami hal tersebut?

Bagaimanakah tanda buah jambu mengandung ulat? Umumnya buah jambu yang berulat memiliki ciri ada lubang atau noda hitam di kulit buah karena akibat tusukan dari hama lalat buah (bactrocera spp), seperti dilansir dasar-pertanian.blogspot.com (25/01/2018).

Sumber: dasar-pertanian.blogspot.com

Berikut ini 3 tips yang bisa dilakukan agar buah jambu tidak berulat, antara lain:

1. Melakukan pembersihan lingkungan di sekitar tanaman

Lingkungan yang bersih di sekitar tanaman jambu, akan memperkecil serangan hama penyakit maupun serangan lalat buah. Sehingga Anda bisa panen jambu yang tidak berulat.

2. Melakukan pembungkusan buah dengan plastik bening

Dilansir ternakku.net (retrieved, 30/06/2018), jika buah jambu sudah berumur sekitar 1,5 bulan, ada baiknya Anda melakukan pembungkusan pada buah tersebut. Hal ini dilakukan agar buah aman dari serangan hama lalat buah.

Sumber: warasfarm.wordpress.com

3. Melakukan penyemprotan pembasmi hama

Penyemprotan pembasmi hama di tanaman jambu perlu Anda lakukan agar bebas dari penyakit dan hama pengganggu. Jika ingin yang aman, Anda bisa memilih pembasmi hama dari bahan organik yang banyak tersedia di pasaran.

Sumber: buletinaktual.com

Demikian 3 tips ampuh agar buah jambu tidka berulat. Jika hal ini bisa Anda lakukan maka Anda bisa menikmati hasil panen jambu yang bebas ulat dan tentu saja nikmat untuk dimakan.

Dari penjelasan di atas, bagaimana menurut pendapat Anda? Yuk silakan sharing pengalaman!

Tidak ada komentar: