Jumat, Juni 29, 2018

Begini Tips Mudah agar Tanaman Pepaya Tumbuh Pendek dan Berbuah Lebat

 

Sumber: mrebot.com

Tanaman pepaya sangat mudah ditemukan di Indonesia. Apakah Anda menyukai buah pepaya? Buah pepaya memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan manusia. Hal yang paling menakjubkan, ternyata pepaya bisa berguna untuk mengatasi kanker.

Seperti dilansir dari mediskus.com (retrieved, 29/06/2018), buah pepaya mengandung antioksidan likopen yang mampu mengurangi radikal bebas penyebab kanker. Hal ini dibuktikan dengan sebuah studi ilmiah yang diadakan di Harvard School, mendapati bahwa kandungan beta karoten dalam pepaya baik untuk mencegah kanker prostat dan usus besar.

Sumber: infoagribisnis.com

Setelah mengetahui manfaatnya yang luar biasa, apakah Anda tertarik untuk menanam pohon pepaya? Berikut ini ada tips mudah agar tanaman pepaya tumbuh pendek dan berbuah lebat, seperti dikutip dari bertaniorganik.com (retrieved, 28/06/2018), antara lain:

  1. Langkah awal, pada usia 1 bulan pangkaslah tanaman pepaya pada bagian kuncup atau pupus daun paling muda. Tujuan dilakukan pemangkasan ini adalah untuk menigkatkan produktifitas tanaman pepaya serta menjadikan batang pepaya menjadi pendek. Selain itu pemangkasan juga dapat memacu hormon pertumbuhan, pembungaan, dan pembuahan.
  2. Kemudian tunggu kurang lebih 10 hari sampai tunas-tunas baru tumbuh.
  3. Setelah tunas tumbuh, potong batang tanaman pepaya. Sisakan tinggi batang pepaya kurang lebih 15 cm dari permukaan tanah.
  4. Setelah itu biarkan tanaman yang telah kita pangkas selama 7 hari atau sampai muncul lagi tunas tunas yang baru.
  5. Ketika melewati 7 hari dan tunas telah mulai tumbuh, lakukan penyeleksian tunas.
  6. Setelah itu pilih satu tunas yang kita anggap paling sehat dan paling bagus.
  7. Lalu sisakan hanya satu tunas, sisanya kita pangkas atau kita buang. Tindakan ini menyebabkan zat makanan hanya mengalir ke satu tunas sehingga pertumbuhan tanaman lebih cepat dan akan menjadi batang pokok.
  8. Tindakan pemangkasan juga dapat dilakukan pada tanaman yang sudah tua dan tidak produktif lagi. Sehingga akan tumbuh tunas baru dan dengan tunas muda tersebut tanaman pepaya akan berproduksi lagi.
Sumber: pupukkelapasawit.com

Itulah tips mudah agar tanaman pepaya tumbuh pendek dan berbuah lebat. Setelah menyimak penjelasan di atas, apakah Anda tertarik untuk menanam pepaya? Selamat mencoba!


Tidak ada komentar: