Selasa, Agustus 07, 2018

Tidak Boros Uang, Begini Tips Mudah Menghemat Listrik, Yuk Buktikan Sendiri!

 Apakah Anda ingin hemat uang setiap bulan? Biasanya pengeluaran rumah tangga yang tergolong besar adalah untuk listrik. Kini, Anda bisa melakukan tips mudah agar bisa hemat uang untuk pengeluaran listrik di rumah.

Dilansir liputan6.com (10/09/2017), untuk hemat listri tidak perlu pasang alat karena hemat listrik itu terkait dengan perilaku masyarakat untuk bisa menggunakannya secara hemat.

Sebenarnya tidak ada salahnya bila Anda mulai membiasakan diri untuk lebih hemat dan cermat dalam mengonsumsi daya listrik karena kebiasaan baik ini bisa membuat keuangan keluarga Anda menjadi aman, seperti dilansir tribunnews.com (15/03/2018).

Berikut ini ada beberapa tips mudah untuk menghemat listrik, antara lain:

1. Segera matikan lampu taman atau lampu teras jika langit sudah tampak terang atau menjelang matahari terbit. Dan baru hidupkan ketika hari mulai gelap atau saat di ujung sore, menjelang matahari tenggelam.

Sumber: inapex.co.id

2. Jika siang hari, buka gorden jendela agar memanfaatkan sinar matahari dan tidak perlu menyalakan lampu. Selain itu, matikan lampu kamar atau kamar mandi jika tidak ada orang di dalamnya.

3. Matikan AC jika di ruangan tidak ada orang. Atau pasang timer saat akan tidur sehingga AC tidak hidup sepanjang malam.

Sumber: komunita.id

4. Matikan alat elektronik yang tidak dipakai seperti magic jar, jika malam dicabut saja tali stop kontaknya. Atau televisi, jika tidak ditonton dimatikan saja agar lebih hemat.

5. Cabut steker listrik dari terminal listrik jika tidak digunakan, seperti kipas angin, charger hp, mesin cuci, dan lain sebagainya.

Sumber: merdeka.com

Itulah beberapa tips mudah untuk menghemat listrik. Jika Anda ingin tidak boros uang, cobalah lakukan semua tips di atas dan buktikan sendiri. Semoga pengeluaran rumah tangga bisa terkendali dan aman dengan prilaku menghemat listrik ini.

Setelah menyimak tips di atas, bagaimana menurut pendapat dan pengalaman Anda? Yuk silakan sharing di kolom komentar ya.


Tidak ada komentar: