Jumat, Januari 15, 2010

Nikmatnya Sedekah



Jum'at pagi ini, Alhamdulillah kami bisa menyiapkan paket-paket nasi yang kami bagikan sebagai makanan pagi untuk bapak-bapak becak di sekitar rumah kami. Tidak lupa kami juga mampir ke rumah ibu pemulung untuk mengantarkan sarapan baginya. Tidak seperti biasa, hari ini mama punya urusan yang harus di selesaikan di beberapa instansi pemerintahan. Karena ini hari Jum'at, otomatis jam kerja instansi pemerintah juga lebih singkat di banding hari kerja biasa. Mulai jam 10 pagi, mama memulai urusan di kantor Lurah. Terpampang jelas di papan pengumuman di sana Jam Kerja untuk hari Jum'at dari pukul 08.00 - 11.00. Jam Istirahat pukul 11.00 - 13.00. Buka kembali pukul 13.00 - 15.00. Wah berarti sebelum istirahat siang, hanya ada waktu 1 jam untuk membereskan urusan ini. Terbayang di benak mama, sepertinya hari ini mungkin hanya sampai di kantor lurah saja urusannya, mengingat singkatnya waktu dan jarak kantor lurah yang lumayan jauh ke kantor camat dan Dinas Kependudukan. Sekitar 20 menit di kantor lurah, urusan beres. Mama beranjak untuk pulang, di gerbang kantor lurah secara tak sengaja melihat seorang bapak tua sedang makan semangkok mie. Mama hampiri dan berikan uang sambil bilang " Ini ada uang buat beli maem Pak..." Spontan wajah bapak itu senaaaang banget. Berkali-kali mengucapkan terima kasih. Setelah itu mama meninggalkan kantor lurah dan menuju ke kantor camat. Menjelang 15 menit kantor tutup, tepatnya pukul 10.45, tiba di kantor camat. Ternyata antrian begitu banyak, agak tidak yakin bisa selesai dan dapat giliran. Tapi tetap mencoba untuk masuk dan tanya ke petugas. Ternyata orang ramai tadi yang antri untuk pembuatan KTP. Sedangkan mama tidak untuk urusan itu, jadi dipersilahkan langsung berurusan dan Alhamdulillah bisa selesai sebelum kantor tutup.
Selanjutnya pulang dulu ke rumah, karena semua kantor istirahat sholat Jum'at. Setelah sholat Jum'at baru menuju ke Dinas kependudukan kota Surabaya untuk melanjutkan urusan berikutnya. Alhamdulillah dengan dapat nomor antrian yang tidak terlalu lama ( menunggu giliran setelah sekitar 7 orang ), mama menghadap ke bagian yang di tuju...Alhamdulillah semua dokumen lengkap, diterima untuk di proses dan diberi tanda terima untuk datang mengambil dokumen tersebut pekan depan.
Subhanallah....peristiwa yang di alami di hari Jum'at ini sungguh diluar dugaan. Biasanya untuk mengurus seperti ini diperlukan waktu minimal 1 bulan. Alhamdulillah ini semua tidak lepas dari "campur tangan" Allah, Rabb Yang Maha Kuasa...untuk memudahkan semua urusan hari ini. Sungguh janji Allah memang Benar....Sedekah bisa memudahkan segala urusan....Alhamdulillah...Nikmatnya sedekah.....

Tidak ada komentar: