Rabu, Mei 13, 2020

10 Ide Menu Lebaran dari Berbagai Negara, Nomor 7 Khas Indonesia Banget!

 Lebaran identik dengan sajian makanan yang istimewa. Anda sedang cari ide menu lebaran tahun ini?

Yuk intip beberapa menu populer merayakan lebaran dari berbagai negara di seluruh dunia, antara lain:

1. Nasi Arab Maqlubah

Menu ini khas dari daerah Arab, Timur tengah. Nasi dimasak dengan bumbu khas Arab. Hidangan ini kaya akan rempah. rasanya nikmat dengan dilengkapi kambing bakar atau ayam bakar serta acar dan buah segar.

http://rempaharab.blogspot.co.id

2. Nasi Mandy

Nasi mandy merupakan nasi khas Timur Tengah. Warna nasi lebih cerah dan tidak gelap seperti nasi Arab Maqlubah. Rasanya pun lebih ringan dan tidak berat dengan rasa rempah. Nasi ini biasa dinikmati dengan lauk ayam atau kambing disertai acar dan sambal, seperti foto yang dimuat situs deqnoor.com (retrieved, 13/05/2020).

Sumber ilustrasi: deqnoor.com

3. Nasi Kebuli

Nasi ini juga asalnya dari daerah Timur Tengah. Tapi sudah terkenal dan menjadi salah satu kuliner disukai di Indonesia. Biasanya ditambah minyak sapi yang membuat rasanya bertambah gurih. Nikmat disajikan dengan lauk kambing atau ayam.

Sumber ilustrasi: www.happyfresh.id

4. Nasi Briyani

Nasi ini khas Timut Tengah, tapi juga sudah menjadi makanan favorit di Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Sumber ilustrasi: recipesaresimple.com

5. Nasi Dagang

Hidangan ini terkenal di negera Malaysia terutama di wilayah Semenanjung Utara hingga ke wilayah Thailand. Nasi dimasak dengan bumbu khusus. Terengganu merupakan daerah di Malaysia yang terkenal dengan menu ini. Nasi Dagang Terengganu nikmat disantap dengan gulai ikan tongkol dan acar yang segar.

Sumber ilustrasi: azhan.co

6. Nasi Tomato

Hidangan ini sering dijumpai di Malaysia. Sesuai namanya, nasi ini diberi bumbu tomat sehingga warnanya menjadi jingga atau kemerahan. Biasanya disajikan dengan ayam masak merah.

Sumber ilustrasi: pinterest.com

7. Ketupat lengkap

Hidangan ini menjadi makanan wajib khas lebaran di Indonesia. Sajian yang menggiurkan terdiri dari ketupat yang dilengkapi lauk pauk yang lezat seperti rendang daging, opor ayam, sambal kentang ati, dan lain sebagainya.

Sumber ilustrasi: theshonet.com

8. Roti Canai

Hidangan ini khas India, tapi sangat populer di Malaysia dan Singapura. Nikmat disantap dengan celupan kuah kacang dal atau kuah kari ayam dan kambing. Biasanya juga disajikan bersama sambal.

Sumber ilustrasi: id.pinterest.com

9. Kulcha

Hidangan ini populer di India bagian Utara. Tampilan seperti roti prata atau rotii canai, tapi sajian ini lebih istimewa. Ada isi berupa campuran daging giling dan rempah-rempah khusus yang nikmat, seperti foto yang dimuat situs punjabiflavour.com.au (retrieved, 13/05/2020).

Sumber ilustrasi: punjabiflavour.com.au

10. Tagines

Hidangan ini khas negara-negara di Afrika Utara seperti Maroko hingga ke Alegria. Menu ini disebut Tagines. Sebagian besar Tagines dimasak menggunakan daging dan sayuran dan kemudian disajikan dengan tempat yang unik khas Maroko, seperti foto yang dimuat situs moroccoworldnews.com (retrieved, 13/05/2020).

Sumber ilustrasi: moroccoworldnews.com

Itulah tadi 10 menu hidangan lebaran yang biasa disantap ketika perayaan lebaran Idul Fitri oleh umat muslim di berbagai negara di dunia. Bagaimana dengan Anda? Menu apa yang ingin Anda nikmati? Selamat menyambut lebaran Idul Fitri ya!


Tidak ada komentar: