Senin, Mei 04, 2020

Mulut Bau dan Bibir Kering karena Puasa? Cegah dengan 5 Tips Mudah Ini!

 

Sumber ilustrasi: netz.id

Apakah area sekitar mulut Anda sering mengalami gangguan ketika menjalankan ibadah puasa?

Dilansir doktersehat.com (retrieved, 05/05/2019), kondisi tidak makan dan minum apapun selama berjam-jam bisa menyebabkan kondisi yang disebut halitosis. Gejalanya antara lain bibir pecah-pecah hingga adanya bau tidak sedap dari mulut.

Sumber ilustrasi: halodoc.com

Jika Anda ingin mengatasi bibir kering dan bau mulut agar tidak mengganggu orang lain, yuk coba terapkan beberapa tips berikut ini, seperti yang dilansir situs hellosehat.com (retrieved, 05/05/2019), antara lain:

  1. Cegah bibir kering dan mulut jadi kering dengan banyak minum air ketika sahur dan buka puasa. Semakin kering mulut Anda, semakin tinggi juga kemungkinan munculnya bau mulut.
  2. Anda harus hindari makanan yang aromanya menyengat ketika sahur, misalnya petai, jengkol, atau bawang bombai.
  3. Hindari makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi saat sahur dan buka puasa. Bakteri penyebab bau mulut akan berkembang biak kian pesat bila dalam mulut Anda banyak sisa gula.
  4. Sebelum tidur, kumur-kumur dengan air garam. Larutkan satu sendok teh garam dalam segelas air hangat. Kemudian kumur selama tiga puluh detik dan buang, jangan ditelan. Air garam bekerja seperti antiseptik yang akan mengusir bakteri penyebab bau mulut.
  5. Isap dan kunyah potongan jeruk atau lemon saat sahur dan buka puasa. Keduanya mampu meningkatkan produksi air liur sehingga mulut pun tak akan jadi kering dan bau.
Sumber ilustrasi: infobuah.com

Itulah tadi beberapa tips mencegah bau mulut dan bibir kering ketika sedang menjalankan ibadah puasa. Semoga tips ini bermanfaat dan bisa diterapkan dengan mudah. Apakah Anda ingin mencoba?

Tidak ada komentar: